Cegah Kebocoran Pipa, Perumda Tirtawening Gandeng Perusahaan Asal Korea

Jumat, 14 Juli 2023 – 18:30 WIB
Cegah Kebocoran Pipa, Perumda Tirtawening Gandeng Perusahaan Asal Korea - JPNN.com Jabar
Cegah Kebocoran Pipa, Perumda Tirtawening Gandeng Perusahaan Asal Korea. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Perusahaan penyedia air minum yang bertanggung jawab atas pasokan air di Kota Bandung, Perumda Tirtawening telah mengumumkan kemitraan strategis dalam program KOICA CTS Program (Korea International Cooperation Agency), bersama dengan WI.Plat dan PT SUPRA Internasional Indonesia.

Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan pendeteksian kebocoran pipa dan secara signifikan menurunkan tingkat Non-Revenue Water (NRW), dalam rangka meningkatkan layanan penyediaan air minum di Kota Bandung.

Melalui kerjasama ini, Perumda Tirtawening akan bekerjasama dan menggunakan teknologi terkini dari WI.Plat, perusahaan teknologi penurunan NRW terkemuka asal Korea Selatan, yang telah berhasil mengelola total kehilangan air di berbagai kota di dunia.

Sementara itu, PT SUPRA Internasional Indonesia akan berperan sebagai mitra lokal yang akan membantu dalam implementasi solusi teknologi tersebut.

Salah satu aspek utama dari kerjasama program CTS 2 ini akan melibatkan pencarian kebocoran air di 2 DMA (District Metered Areas) di Kota Bandung.

Dengan perkiraan lebih dari 5000 sambungan air yang terlibat, program ini akan menerapkan manajemen kebocoran air yang menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI).

Melalui penggunaan AI yang canggih, program ini akan memungkinkan deteksi dini kebocoran pipa, mempercepat respons penanganan, dan mengurangi jumlah kehilangan air.

Direktur Utama Perumda Tirtawening, Sonny Salimi mengatakan, menjaga infrastruktur pipa air yang andal di Kota Bandung menjadi tantangan tersendiri.

Perumda Tirtawening akan bekerjasama dan menggunakan teknologi terkini dari WI.Plat, perusahaan teknologi penurunan NRW terkemuka asal Korea Selatan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News