Miliaran Anggaran Digelontorkan Pemkab Bogor Demi Memulihkan 4 Desa yang Dilanda Bencana

Kamis, 13 Juli 2023 – 09:30 WIB
Miliaran Anggaran Digelontorkan Pemkab Bogor Demi Memulihkan 4 Desa yang Dilanda Bencana - JPNN.com Jabar
Uang rupiah. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Empat Desa di Kabupaten Bogor mendapatkan Dana Desa (DD) lebih dari Rp2 miliar pada 2023 untuk penanganan infrastruktur terdampak bencana alam.

Kepala Desa Cileuksa, Ujang Ruhyadi menjelaskan bahwa desanya menerima DD tertinggi di Kabupaten Bogor yakni sekitar Rp2,8 miliar.

Dia menyebutkan bahwa desa-desa di Kecamatan Sukajaya, membutuhkan banyak dana untuk perbaikan infrastruktur setelah diterjang bencana tanah longsor pada awal 2020.

"Pastinya kami akan intervensi untuk infrastruktur dulu. Karena Cileuksa paling parah di infrastruktur terdampak saat bencana alam tahun 2020," kata Ujang.

Menurut dia, selain infrastruktur pihaknya terus berupaya untuk memulihkan perekonomian warga pascabencana. Karena banyak lahan pertanian maupun perkebunan warga rusak diterjang longsor.

"Perlu dipikirkan juga pemulihan perekonomian warga pascabencana. Jadi kami buat skala prioritas dengan anggaran yang kami miliki," ucapnya.

Selain Cileuksa, penerima DD terbesar di Kabupaten Bogor yakni Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang mendapai DD sebesar Rp2.678.543.000. Diketahui, desa ini diterpa banjir bandang pada Juni 2022.

Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan pun termasuk menjadi penerima DD terbesar seusai disapu banjir bandang di waktu bersamaan. Desa itu mendapat jatah Rp2.374.648.000.

Empat desa di Kabupaten Bogor ini terima DD besar Rp2 miliar lebih dari Pemkab Bogor demi pemulihan pascabencana. Berikut perinciannya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News