Damkar Kabupaten Bogor Butuh Tambahan Peralatan Keselamatan

Rabu, 12 Juli 2023 – 19:30 WIB
Damkar Kabupaten Bogor Butuh Tambahan Peralatan Keselamatan - JPNN.com Jabar
Ilustrasi pemadam kebakaran. Foto: Yogi Faisal/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bogor mengungkapkan saat ini membutuhkan tambahan peralatan keselamatan untuk petugas di lapangan.

Kepala Dinas Damkar Kabupaten Bogor, Arman Jaya menjelaskan bahwa perlengkapan yang mereka miliki saat ini sudah ketinggalan zaman, sementara tugas pemadam kebakaran tidak hanya menjinakkan api, tetapi juga melakukan upaya pertolongan (rescue).

"Selain diperbaharui, kami juga memerlukan tambahan peralatan. Ini untuk keselamatan anak-anak (petugas) di lapangan," kata Arman.

Ia menjelaskan penambahan alat yang saat ini dibutuhkan, yakni mobil pemadam, mobil tangga untuk menjangkau gedung-gedung tinggi serta alat pelindung diri (APD).

Kemudian, penyediaan hydrant di tempat umum seperti pasar, rumah sakit, perumahan, area pertokoan dan fasilitas publik lainnya. Sehingga mendukung efisiensi petugas damkar saat menaklukkan amukan si jago merah.

"Kami butuh APD dan itu sudah kami ajukan. Namun sangat disayangkan, karena belum bisa direalisasikan. Memang harganya mahal, tetapi sesuai dengan fungsinya, menjamin keamanan dan keselamatan personel," jelas Arman.

Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor saat ini telah memiliki sembilan unit mobil damkar baru senilai Rp15,7 miliar.

"Kebutuhan sembilan unit 'mobil tempur' sudah direalisasikan dengan menyerap anggaran mencapai Rp15,7 miliar. Begitu pula dengan penyerapan anggaran tahun 2023 berjalan untuk pos-pos lainnya sebagian juga sudah direalisasikan," tutur Arman. (antara/jpnn)

Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bogor mengungkapkan saat ini membutuhkan tambahan peralatan keselamatan untuk petugas di lapangan.

Redaktur & Reporter : Yogi Faisal

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News