5 Khasiat Susu Jahe yang Luar Biasa, Bantu Cegah Serangan Penyakit Ini

Selasa, 04 Juli 2023 – 07:30 WIB
5 Khasiat Susu Jahe yang Luar Biasa, Bantu Cegah Serangan Penyakit Ini - JPNN.com Jabar
Ilustrasi susu jahe. Foto : Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Susu jahe merupakan salah satu minuman populer yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Selain nikmat, susu jahe memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Bermacam jenis jahe bisa disajikan untuk memperoleh khasiat dari minuman ini.

Namun, susu yang digunakan bukanlah susu kental manis ataususu olahan, melainkan susu organik (susu sapi murni).

Sejumlah penelitian mengungkapkan kandungan nutrisi penting dalam susu organik, seperti omega-3, zat besi, dan vitamin E, jauh lebih terjaga ketimbang susu olahan dan susu kental manis.

Cara membuat minuman susu jahe sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan segelas susu organik dan beberapa potong jahe.

Sebelum dicampurkan, bakar terlebih dahulu jahe di atas kompor selama beberapa menit. Setelah itu, tumbuk jahe dan masukkan ke dalam segelas susu organik.

Rebus campuran susu organik dan jahe terlebih dahulu hingga hangat, tidak perlu sampai mendidih. Segelas minuman susu jahe pun siap dihidangkan. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Meningkatkan fungsi otak

Minuman susu jahe bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak. Sebuah studi yang dalam International Dairy Journal menyebut kandungan nutrisi dalam susu berperan penting meningkatkan fungsi otak dan mencegah penurunan fungsi otak seperti pikun. Fungsi tersebut juga didukung dengan kehadiran jahe.

Melalui kandungan antioksidannya, jahe dipercaya bisa melindungi tubuh dari stres oksidatif dan peradangan kronis, yang bisa mempercepat proses penuaan.

Lima khasiat susu jahe untuk tubuh, salah satunya bagus untuk menjaga kesehatan otot dan sendi.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News