Perubahan Pola Konsumsi Kendaraan Dari BBM ke Listrik Bantu Perekonomian Nasional

Minggu, 25 Juni 2023 – 16:00 WIB
Perubahan Pola Konsumsi Kendaraan Dari BBM ke Listrik Bantu Perekonomian Nasional - JPNN.com Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) bersama Kepala BI Jabar Erwin Gunawan Hutapea (kiri) dalam kegiatan EV (Electric Vehicle) Fun Riding di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, Jalan Braga, Kota Bandung, Minggu (25/6). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengajak kepada masyarakat untuk memanfaatkan subsidi pembelian kendaraan listrik.

Hal itu disampaikan Ridwan Kamil dalam kegiatan EV (Electric Vehicle) Fun Riding di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, Jalan Braga, Kota Bandung, Minggu (25/6).

“Tolong subsidi Rp7 juta untuk motor listrik segera dimanfaatkan, baik subsidinya dengan cara membeli motor listrik baru, atau menkonversi motor yang biasa dipakai sehari-hari dengan subdisi yang sama,” kata pria yang karib disapa Emil itu.

Emil menuturkan saat ini baru ada sekitar 1.500 kendaraan listrik baik motor maupun mobil yang digunakan masyarakat Jabar.

Jumlah tersebut masih harus ditingkatkan demi mengurangi kemacetan dan emisi karbon.

“Ini juga sebagai upaya ikut serta program Net Zero Emission 2050. Di rentang itu, kami target hidup dengan teknologi ramah lingkungan bisa tercapai,” ujarnya.

Ia menjelaskan penggunaan kendaraan listrik memiliki banyak keuntungan. Kendaraan ini tidak bising ketika dipakai, kemudian tidak ada polusi dan hemat biaya bahan bakar.

Untuk program konversi kendaraan listrik, katanya, saat ini sejumlah bengkel di Kota Bandung dan Jawa Barat sudah membuka pesanan agar masyarakat bisa langsung mengubah kendaraannya.

Pemprov Jabar dan Bank Indonesia sepakat mendorong masyarakat agar beralih dari penggunaan kendaraan BBM menjadi listrik.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News