Pastikan Kualitas Daging Aman, Pemkab Bekasi Fokus Periksa Kesehatan Hewan Kurban

Minggu, 25 Juni 2023 – 07:30 WIB
Pastikan Kualitas Daging Aman, Pemkab Bekasi Fokus Periksa Kesehatan Hewan Kurban - JPNN.com Jabar
Ilustrasi - Hewan kurban. Foto: Ricardo/jpnn.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BEKASI - Pemerintah Kabupaten Bekasi melakukan pemeriksaan hewan kurban untuk memastikan kondisi kesehatan hewan layak jual dan konsumsi sebelum dipotong pada Hari Raya Iduladha 1444 Hijriah.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan pada Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Dwian Wahyudiharto mengatakan pemeriksaan 'ante mortem' atau sebelum hewan dipotong ini menjadi fokus utama dari tugas tim pengawas hewan kurban.

"Sudah 200 lebih lapak pedagang yang kami periksa sejauh ini, tersebar di hampir seluruh wilayah Kabupaten Bekasi. Tinggal 20 persen lagi yang masih akan kami kunjungi," katanya.

Dia menjelaskan pemeriksaan ini terfokus pada suhu tubuh, frekuensi nafas, detak jantung, serta potensi penyakit untuk memastikan kelaikan hewan kurban secara syariat dengan menyasar sejumlah lapak pedagang hewan kurban, pasar-pasar hewan, serta kandang penampungan.

Berdasarkan hasil pemeriksaan sejauh ini, pihaknya belum menemukan hewan kurban yang terindikasi terjangkit penyakit mulut dan kuku serta 'lumpy skin disease' (LSD), namun di sejumlah lapak pedagang ditemukan ada hewan kurban dinyatakan sakit secara fisik.

"Secara umum masih layak, selama pemeriksaan ada beberapa hewan kurban mengalami masalah pada kaki, kemudian sakit mata, ada juga sakit mulut pada kambing tapi bukan PMK," katanya.

"Kalau yang patah kaki, sudah tidak layak, kita sarankan dipotong dan tidak dijual untuk kurban. Kalau masih layak untuk kurban itu tidak apa-apa tapi kalau yang berisiko tidak kita sarankan untuk dijual dan dikonsumsi. Sedikit, kurang dari 20 persen yang tidak layak," imbuh dia.

Pihaknya menempelkan penanda sehat pada hewan kurban serta spanduk imbauan masyarakat di lapak-lapak pedagang yang telah melewati proses pemeriksaan kesehatan. Spanduk itu berisi informasi kiat memilih hewan kurban agar konsumen tidak salah membeli.

Pemerintah Kabupaten Bekasi melakukan pemeriksaan hewan kurban untuk memastikan kondisi kesehatan hewan layak jual dan konsumsi.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News