Buah Manis Kerja Sama Indonesia-Australia, Kota Depok Bakal Punya Rumah Sakit Bertaraf Internasional

Selasa, 20 Juni 2023 – 17:45 WIB
Buah Manis Kerja Sama Indonesia-Australia, Kota Depok Bakal Punya Rumah Sakit Bertaraf Internasional - JPNN.com Jabar
Ground Breaking Aspen Medical Hospital, Kota Depok. Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN.

jabar.jpnn.com, DEPOK - Aspen Medical akan menjadi rumah sakit Internasional pertama di Kota Depok, dibangun oleh Sanusa Medika yang merupakan perusahaan joint venture antara perusahaan kesehatan global asal Australia, Aspen Medical dan Docta bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Jawa Barat PT Jasa Sarana, di kawasan Shila at Sawangan Depok, Kota Depok,

Dalam kegiatan ground breaking tersebut, hadir Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia (RI), Airlangga Hartarto, bersama Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Duta Besar Australia untuk Indonesia, Penny Williams PSM Founder & Executive Chairman of Aspen Medical, Glenn Keys AO, serta CEO Sanusa Medika, Dr. Andrew Rochford bersama dengan dewan direksi dari PT Sanusa Medika Hospitals. 

Untuk mendirikan rumah sakit bertaraf internasional, Aspen Medical akan menginvestasikan dana sebesar Rp 600 hingga Rp 750 miliar di lahan seluas 12,500 m2.

Airlangga Hartarto mengatakan dengan terjalinnya kemitraan antara Indonesia-Australia pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 2022, diharapkan dapat terus meningkatkan investasi perusahaan-perusahaan Australia di Indonesia, seperti yang dilakukan Aspen Medical untuk mendukung sektor layanan kesehatan berkualitas di Indonesia.

"Dibangunnya rumah sakit berkelas internasional seperti Aspen Medical Hospital Depok, diharapkan dapat mengurangi keinginan masyarakat untuk berobat ke luar negeri," ucapnya, Selasa (20/6).

Sehingga baginya devisa negara tidak hilang karena masyarakat berobat ke luar negeri.

"Oleh sebab itu, pemerintah akan terus mendukung pembangunan rumah sakit yang kurang lebih seperti Aspen Medical Hospital Depok ini, sehingga dapat berdampak positif bagi masa depan medical tourism Indonesia," ujarnya.

Proyek ini juga merupakan wujud nyata dari kemitraan antara Indonesia-Australia yang tertuang pada Program Kerjasama Ekonomi dalam Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia (Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement Economic Cooperation Program / IA-CEPA ECP).

Aspen Medical Hospital akan menjadi rumah sakit internasional pertama di Kota Depok, yang dibangun dari hasil kerjasama Australia dan Indonesia.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News