Dinas LH Bekasi Kesulitan Ungkap Dalang di Balik Pencemaran Sungai Cilemahabang

Selasa, 20 Juni 2023 – 08:30 WIB
Dinas LH Bekasi Kesulitan Ungkap Dalang di Balik Pencemaran Sungai Cilemahabang - JPNN.com Jabar
Aliran Sungai Cilemahabang di area Bendung Lemahabang di Desa Waluya, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BEKASI - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi mengaku kesulitan mengungkap tindak pencemaran lingkungan di Sungai Cilemahabang, Kecamatan Cikarang Selatan, dengan alasan minim bukti meski telah ramai dilaporkan tercemar oli.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Syafri Doni Sirait mengklaim kandungan oli yang mencemari sungai itu telah hilang tersapu deras aliran sungai.

Kondisi itu membuat sulit mengungkap tindak pencemaran lingkungan di sungai yang melintasi sejumlah kawasan industri ini.

"Kami telah menurunkan tim dari bidang penegakan hukum, tetapi sangat disayangkan saat sampai ke lokasi itu debit air sedang tinggi, arus deras. Dugaan limbah oli yang mencemari drainase tidak bisa ditemukan," katanya.

Hal tersebut dikatakan Doni untuk mengonfirmasi video viral sungai tercemar di Desa Pasirsari Kecamatan Cikarang Selatan, Selasa (6/6).

Dalam video berdurasi 30 detik itu terlihat air sungai berwarna hitam. Saluran itu mengalir di balik salah satu dinding kawasan industri wilayah Cikarang Selatan.

Selain berwarna hitam, aliran sungai pun disebutkan mengeluarkan bau tidak sedap. Diketahui, sungai tercemar oli.

Doni mengatakan, pihaknya langsung mendatangi lokasi pada malam hari di hari yang sama, namun tidak ditemukan pencemaran. Kemudian tim kembali datang keesokan hari tapi tidak juga menemukan pencemaran.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi mengaku kesulitan mengungkap tindak pencemaran lingkungan di Sungai Cilemahabang. Begini penjelasan lengkapnya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News