Antisipasi Kekeringan Saat Musim Kemarau, Pemkab Bekasi Normalisasi Saluran Irigasi

Kamis, 08 Juni 2023 – 19:15 WIB
Antisipasi Kekeringan Saat Musim Kemarau, Pemkab Bekasi Normalisasi Saluran Irigasi - JPNN.com Jabar
Ilustrasi areal persawahan kekeringan. Foto: Istimewa/Antara

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BEKASI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melakukan normalisasi pada saluran irigasi sekunder sebagai upaya antisipasi menghadapi kekeringan areal persawahan produktif yang mengandalkan sumber air dari aliran tersebut.

"Normalisasi dilakukan di saluran irigasi sekunder sepanjang Cikarang Utara hingga Sukatani untuk memenuhi kebutuhan air petani di wilayah Karangbahagia dan sekitar," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, Dedy Supriyadi.

Dia mengatakan pekerjaan normalisasi itu dilakukan usai pemerintah daerah memitigasi areal persawahan terancam kekeringan khususnya di wilayah utara agar terhindar dari ancaman puso.

Selain melakukan normalisasi saluran irigasi sekunder, pemerintah daerah juga mengerahkan dua unit pompa penyedot air keliling untuk membantu petani yang lahannya tidak dilintasi saluran tersebut.

"Jadi upaya penanganan antisipasi kekeringan lahan sawah ini bukan karena viral melainkan sudah berjalan sejak dua atau tiga minggu lalu dan sampai kini masih berproses, hanya saja ada tahapan termasuk mitigasi kemarin," katanya.

Menurut dia kekeringan lahan pertanian di wilayah utara terjadi karena pasokan air saluran irigasi sekunder tersendat akibat sedimentasi lumpur maupun sampah.

Pemerintah Kabupaten Bekasi tidak bisa meminta bantuan penuh kepada Perum Jasa Tirta (PJT) II untuk menambah debit air karena dikhawatirkan berdampak ke kawasan permukiman penduduk.

"Saat ini PJT II baru bisa mengaliri 50 persen karena karena kalau air dibuka 100 persen pasti banjir hingga pemukiman warga. Makanya kita mendorong agar dari pintu air Cilemah Abang hingga lahan pertanian warga di Karangbahagia ini aliran air lancar. Tidak ada sendimentasi ataupun sampah," ucapnya.

Demi mengantisipasi kekeringan areal persawahan saat musim kemarau, Pemkab Bekasi fokus lakukan normalisasi saluran irigasi.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News