Presiden Jokowi Beli Sapi Kurban Jenis Simmental Dari Peternak Jabar, Beratnya Mencapai 1 Ton

Jumat, 16 Juni 2023 – 13:10 WIB
Presiden Jokowi Beli Sapi Kurban Jenis Simmental Dari Peternak Jabar, Beratnya Mencapai 1 Ton - JPNN.com Jabar
Ilustrasi sapi kurban milik Presiden RI Joko WIdodo. (Antara/La Ode Muh Deden Saputra)

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membeli satu ekor sapi seberat 1 ton dari seorang peternak dari Kabupaten Subang.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jawa Barat Moh Arifin Soedjayana mengatakan, pihaknya mendapat permintaan dari Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian untuk mengusulkan sapi yang dibeli Jokowi untuk Iduladha.

“Kami diminta oleh kementerian untuk mengusulkan. Kemudian, kami dengan kabupaten/kota dan Balai Veteriner Subang yang mengurus kesehatan, kami mencari dan ketemu lah itu yang diusulkan,” katanya dikonfirmasi, Jumat (16/6).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu diketahui akan membeli seekor sapi berjenis Simmental dengan bobot 1.005.5 kilogram seharga Rp110 juta dari peternak bernama Dadang Subagio di Desa Kasomalang Wetan, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang.

Ia mengungkapkan, jika pada Jumat ini, tim dari Sekretariat Presiden bakal meninjau langsung sapi-sapi yang telah diusulkan dan melakukan transaksi jual-beli.

“Kami mengusulkan itu dengan berbagai parameter, yang memang pas sesuai dengan kriteria lah. Karena ada berat badan minimal harus 800 kg. Biasa kan kalau untuk itu performanya harus bagus,” ujarnya.

Meski begitu, Arifin tidak mengetahui pasti soal pembagian dari daging sapi yang akan dijadikan hewan kurban tersebut.

Menurutnya, hal itu menjadi kewenangan dari pihak Presiden Jokowi.

Sapi jenis Simmental dengan bobot mencapai 1 ton dibeli Presiden Jokowi dari peternak asal Subang sebagai hewan kurban.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News