Putus Penyebaran Wabah LSD, 972 Sapi dan Kerbau di Purwakarta Jalani Vaksinasi

Jumat, 02 Juni 2023 – 17:30 WIB
Putus Penyebaran Wabah LSD, 972 Sapi dan Kerbau di Purwakarta Jalani Vaksinasi - JPNN.com Jabar
Seorang dokter hewan saat melakukan vaksinasi kepada hewan ternak. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/rwa)

jabar.jpnn.com, PURWAKARTA - Ratusan sapi dan kerbau di Kabupaten Purwakarta mendapatkan suntikan vaksin untuk antisipasi penularan dan penyebaran penyakit kulit berbenjol atau lumpy skin disease (LSD).

"Vaksinasi pada hewan ternak sapi dan kerbau dilakukan untuk memutus mata rantai penularan dan penyebaran penyakit LSD ke wilayah yang lebih luas," kata Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, Jumat (2/6).

Melalui vaksinasi itu, katanya, maka bisa dipastikan jumlah sapi dan kerbau yang terkena penyakit LSD tidak bertambah.

Ia mengaku telah memerintahkan jajarannya untuk memonitor dan melakukan pemeriksaan secara ketat semua pasar hewan dan lokasi pemeliharan ternak sapi dan kerbau di seluruh Purwakarta.

"Monitoring penting dilakukan untuk bisa mendeteksi secara dini jika ada hewan ternak sapi atau kerbau yang terjangkit penyakit itu. Jika ditemukan, maka bisa langsung dilakukan langkah untuk mengatasinya," kata bupati.

Ia menjelaskan berdasarkan catatan Dinas Peternakan dan Perikanan Purwakarta, hingga saat ini jumlah hewan ternak sapi dan kerbau yang sudah divaksin karena penyakit LSD mencapai 972 ekor.

"Jumlah yang sudah vaksinasi LSD itu, terdiri dari 960 ekor sapi dan 12 ekor kerbau," katanya.

Bupati mengaku akan terus melakukan monitoring ketat untuk memastikan tidak ada lagi sapi atau kerbau yang terjangkit penyakit LSD.

Sebanyak 972 sapi dan kerbau di Purwakarta jalani vaksinasi lumpy skin disease (LSD), demi memutus mata rantai penyebaran.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News