Cegah Penyebaran Virus Lato-lato, DKP3 Depok Fokus Vaksinasi Ternak

Kamis, 01 Juni 2023 – 15:40 WIB
Cegah Penyebaran Virus Lato-lato, DKP3 Depok Fokus Vaksinasi Ternak - JPNN.com Jabar
Ilustrasi Petugas kesehatan saat melakukan vaksinasi ternak. Foto: Diskominfo Kota Bandung

jabar.jpnn.com, DEPOK - Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Depok terus melakukan vaksinasi terhadap hewan ternak untuk mencegah penyebaran virus Lumpy Skin Disease (LSD) atau lato-lato yang saat ini tengah merebak.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) DKP3 Kota Depok, Dede Zuraida mengatakan penemuan beberapa kasus hewan ternak yang terkena virus lato-lato, membuat pihaknya mengadakan vaksinasi untuk mencegah agar tidak menular ke hewan lainnya.

"Kami melakukan upaya pencegahan melalui vaksinasi LSD kepada sapi yang berasal dari peternakan di Depok," ucapnya, Kamis (1/6).

Dia menjelaskan dari 6.542 ternak di Kota Depok, ada 21 sapi yang ditemukan terkena virus lato-lato.

"Sebanyak 571 hewan ternak sudah diberikan vaksin LSD, selanjutnya 900 dosis lagi akan diberikan pekan depan," terangnya.

Dia menerangkan dari 21 yang terjangkit ada enam yang sudah dinyatakan sembuh.

“Kami berusaha memberikan vaksin LSD kepada hewan ternak untuk mencegah virus ini menyebar. Dari enam sapi yang dilaporkan terjangkit sebelumnya, sudah dinyatakan sembuh,” tuturnya.

Dirinya mengimbau kepada masyarakat maupun seluruh pemilik atau pedagang hewan dapat berperan aktif membantu mencegah penyakit menular pada hewan ternak atau kurban, dengan memenuhi sejumlah persyaratan yang telah ditentukan.

Untuk mencegah virus LSD atau lato-lato, DKP3 Depok gencarkan vaksinasi kepada hewan ternak di Kota Depok.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News