BKN: Manajemen Talenta, Langkah Awal Ciptakan ASN Berkualitas

Selasa, 30 Mei 2023 – 14:05 WIB
BKN: Manajemen Talenta, Langkah Awal Ciptakan ASN Berkualitas - JPNN.com Jabar
Plt. Kepala BKN Bima Haria Wibisana ditemui dalam kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian bertajuk ‘Talent Management 2030: Smart, Agile and Empathy’ di Kota Bandung, Selasa (30/5). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Badan Kepegawaian Negara (BKN) tengah membangun profil manajemen talenta Aparatur Sipil Negara (ASN), yang telah dimulai dengan pemetaan potensi dan kompetensi melalui talent pool.

Talent pool ini berguna sebagai bentuk database profil kompetensi ASN dan juga regenerasi SDM ASN sedini mungkin.

Hal itu disampaikan Plt. Kepala BKN Bima Haria Wibisana dalam kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian bertajuk ‘Talent Management 2030: Smart, Agile and Empathy’ di Kota Bandung.

Bima mengatakan, topik mengenai manajemen talenta penting diangkat dalam rakornas sebab ini menyangkut soal kualitas ASN di Indonesia.

“Khusus topik rakornas tahun ini adalah membangun kolaborasi assesment center se-Indonesia sehingga kami bisa memiliki talent manajemen nasional,” kata Bima, Selasa (30/5).

Menurutnya, saat ini ASN bertalenta masih tersebar di beberapa lembaga atau kementerian. Maka dari itu, talent pool berguna untuk menyeleksi pegawai negeri potensial dari berbagai bidang dan wilayah di Indonesia.

“Kami sering berbicara soal talent management yang tidak terealisasi secara nasional, ada di masing-masing kementerian, lembaga, dan daerah itu belum menjadi satu. Itu yang kami inginkan, sehingga ke depan kalau pemilih orang yang baik itu bisa menjadi lebih cepat dan luas cakupannya,” jelasnya.

Kemudian, seleksi ini juga untuk meningkatkan kemampuan para ASN dari segi pengelolaan manajemen. Sehingga, kompetensi birokrasi Indonesia bisa jauh lebih baik.

Rakornas Kepegawaian BKN tahun ini mengangkat isu Manajemen Talenta bagi para ASN di seluruh Indonesia.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News