2.396 Calhaj Asal Bandung Siap Berangkat ke Tanah Suci

Sabtu, 20 Mei 2023 – 16:56 WIB
2.396 Calhaj Asal Bandung Siap Berangkat ke Tanah Suci - JPNN.com Jabar
Kepala Kemenag Kota Bandung Tedi Ahmad Junaedi ditemui di Pusdai Bandung, Sabtu (20/5). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Kota Bandung mencatat, sebanyak 2.396 calon jemaah haji akan diberangkatkan ke tanah suci.

Kloter pertama keberangkatan akan dilakukan pada 29 Mei 2023 dengan jumlah calon jemaah haji (calhaj) dan pendamping haji berjumlah 480.

“Jemaah haji tahun ini berdasarkan kuota yang ditetapkan Kementerian Agama untuk Kota Bandung itu jumlah jemaahnya berjumlah 2.396 dan itu semua sudah tertutupi dari jemaah kuota murni dan jemaah cadangan yang masuk,” kata Kepala Kemenag Kota Bandung Tedi Ahmad Junaedi ditemui di Pusdai Bandung, Sabtu (20/5).

Tedi mengakui, dalam persiapan keberangkatan haji tahun ini sempat ada beberapa kendala, salah satunya calhaj yang belum melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH).

Akibatnya, kuota haji murni yang tidak terpenuhi ini harus diganti dengan kuota cadangan.

Menurutnya, ada beberapa alasan calhaj yang belum melunasi sehingga pihanya menggunakan kuota cadangan untuk bisa memenuhi kuota yang disediakan.

“Sebagian ada yang tidak bisa melunasi untuk tahun ini, ada beberapa hal (alasan), yang pertama jelas ada yang wafat, ada yang sakit, ada yang harus berempuk dulu dengan keluarga yang pada akhirnya keluarga menetapkan tidak berangkat hari ini, tapi tahun depan,” jelasnya.

“Kemudian, ada juga yang secara finansial belum bisa berangkat pada tahun ini,” sambungnya.

Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Kota Bandung menyampaikan sebanyak 2.396 calon jemaah haji akan diberangkatkan ke tanah suci.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News