BI Jabar: WJES 2023 Perkuat Ekonomi Domestik dan Perluasan Digitalisasi

Jumat, 12 Mei 2023 – 14:15 WIB
BI Jabar: WJES 2023 Perkuat Ekonomi Domestik dan Perluasan Digitalisasi - JPNN.com Jabar
Konferensi pers West Java Economic Society (WJES) 2023 di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, Kota Bandung. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Perekonomian Jawa Barat pada triwulan I 2023 tumbuh positif sebesar 5 persen. Angka pengeluaran pertumbuhan tertinggi berdasarkan konsumsi rumah tangga, pemerintah, dan ekspor.

Sementara untuk pertumbuhan tertinggi secara sektoral terjadi pada sektor industri pengolahan, transportasi, serta penyediaan akomodasi, dan makan minum.

Melalui gelaran WJES ke-4, ini merupakan respon Jawa Barat dalam menghadapi tantangan perlambatan pertumbuhan ekonomi negara-negara maju yang berpotensi memberikan dampak negatif terhadap kinerja ekspor.

Tahun ini WJES mengambil tema ‘Meningkatkan Ketahanan Ekonomi melalui Penguatan Ekonomi Domestik dan Perluasan serta Percepatan Digitalisasi'. 

Kepala Perwakilan BI Jabar Erwin Gutawan Hutapea mengatakan, bahwa pelemahan ekonomi global berpotensi menurunkan permintaan ekspor Jabar.

Oleh karenanya, diperlukan strategi dan inovasi untuk menemukan sumber pertumbuhan ekonomi baru, termasuk potensi ekonomi dan keuangan syariah.

“Salah satunya dengan terus memperkuat kinerja sektor industri sebagai penopang perekonomian Jabar dan nasional,” kata Erwin di Bandung, Jumat (12/5).

Erwin mengatakan, penguatan ini sejalan dengan salah satu pilar strategis Keketuaan Indonesia pada ASEAN 2023 yaitu ekonomi digital, dan gelaran Festival Ekonomi dan Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2023.

WJES 2023 mengusung tema ‘Meningkatkan Ketahanan Ekonomi melalui Penguatan Ekonomi Domestik dan Perluasan serta Percepatan Digitalisasi’'.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News