El Nino Diprediksi Selesai April, Bey Machmudin Optimistis Produksi Beras Meningkat

Rabu, 06 Maret 2024 – 17:00 WIB
El Nino Diprediksi Selesai April, Bey Machmudin Optimistis Produksi Beras Meningkat - JPNN.com Jabar
Ilustrasi: Ketersediaan beras medium Bulog di pasar tradisional Kota Bandung. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/jpnn.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat meyakini ketersediaan dan harga beras yang tinggi akan kembali terkendali di pertengahan tahun 2024.

Hal itu dikarenakan prediksi cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang menyebutkan bila iklim Jawa Barat akan kembali normal pada bulan April.

Artinya, masa panen yang gagal dikarenakan El Nino dan tanam padi yang mundur bisa normal lagi menjelang Idulfitri.

“Ini pertemuan pertama untuk membahas kondisi di lapangan seperti apa dan tadi ada beberapa informasi penting, terutama dari BMKG bahwa Insya Allah tahun ini setelah April iklim akan lebih normal dibandingkan tahun lalu,” kata Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin dalam kegiatan ‘High Level Meeting Pengendalian Inflasi Daerah’ di Kota Bandung, Rabu (6/3).

“Jadi, sudah tidak ada lagi El Nino. Artinya, untuk pangan Insya Allah kami akan bisa panen dan lain sebagainya,” lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bey pun kembali menegaskan kepada masyarakar untuk tidak panic buying, terutama menyikapi langkanya stok beras di sejumlah tempat.

Bulog Jabar, kata Bey, memastikan stok beras di gudang aman sampai satu bulan ke depan atau saat Idulfitri.

“Tadi juga dibahas soal kelangkaan beras. Itu Bulog sudah siap terutama stok kita itu cukup untuk Jabar. Jadi tidak boleh panik masyarakat dalam membeli beras,” ujarnya.

Berdasarkan prediksi BMKG, cuaca di Jabar akan kembali normal pada pertengahan April 2024. Pemerintah optimistis produksi beras bisa meningkat.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News