DPRD Dorong Festival Kuluwung Masuk Kalender Event Pemkab Bogor

Jumat, 05 Mei 2023 – 16:10 WIB
DPRD Dorong Festival Kuluwung Masuk Kalender Event Pemkab Bogor - JPNN.com Jabar
Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani saat menghadiri Festival Budaya Meriam Kuluwung di Kabupaten Bogor, Kamis (4/5/2023). Foto: Fraksi Gerindra MPR

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto dorong Festival Kuluwung yang digelar swadaya oleh warga Kecamatan Sukamakmur masuk dalam kalender event Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.

"Tentu kami akan mendorong supaya festival ini dimasukkan dalam kalender event Disbudpar Kabupaten Bogor," ucap Rudy.

Menurutnya, Pemkab Bogor melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dapat mengembangkan event adu ledakan 'meriam kayu' tersebut menjadi salah satu program unggulan yang dapat menarik kunjungan wisatawan.

"Ini sudah menjadi tradisi, menjadi adat budaya yang dipelihara secara turun-temurun, dan dibiayai secara urunan oleh warga, sehingga memang harus menjadi perhatian pemerintah daerah," ujarnya.

Baginya, dengan dimasukkan Festival Kuluwung ke dalam kalender event pariwisata, maka pemerintah akan dapat mengemas kegiatan tersebut lebih baik sekaligus mempromosikan kegiatan tersebut sebagai salah satu kegiatan pariwisata budaya di Kabupaten Bogor.

Tidak hanya itu, pemerintah juga bisa memberikan bantuan anggaran penyelenggaraan kegiatan.

"Tentunya nanti dihitung berapa kebutuhannya, kemudian bentuk bantuan pembiayaannya seperti apa, apakah sebagai stimulus, apakah sebagai subsidi atau sebagai apa, itu nanti akan dikalkulasi," tuturnya.

Dirinya mengungkapkan kegiatan tersebut juga harus mengedepankan aspek keselamatan, baik untuk peserta festival maupun pengunjung yang ingin melihat adu kuat meriam karbit tersebut.

Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto dorong Festival Kuluwung masuk dalam kalender event Pemkab Bogor.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News