Sepanjang Masa Angkutan Lebaran KAI Daop 1 Jakarta Melayani 750 Ribu Penumpang

Rabu, 03 Mei 2023 – 13:05 WIB
Sepanjang Masa Angkutan Lebaran KAI Daop 1 Jakarta Melayani 750 Ribu Penumpang - JPNN.com Jabar
Ilustrasi mudik lebaran menggunakan moda transportasi kereta api. Foto: Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, DEPOK - Peningkatan volume penumpang yang berangkat menggunakan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) di area Daop 1 pada masa angkutan lebaran mulai terjadi sejak 14 April 2023, dengan rata-rata volume penumpang berangkat sekitar 40 ribu hingga 43 ribu.

Kahumas KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan secara total, pada masa angkutan lebaran 2023 sejak 12 April hingga 3 Mei 2023 atau selama 22 hari, terdapat sekitar 750 ribu penumpang KAJJ yang berangkat dari Area Daop 1 Jakarta melalui Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Cikarang, Karawang dan Cikampek.

"Jumlah tersebut meningkat hingga 20 persen, jika dibandingkan realisasi volume pada 2022," ucapnya, Rabu (3/5).

Dari 750 ribu penumpang tersebut, 460 ribu penumpang berangkat menggunakan KA dengan keberangkatan awal dari stasiun Pasar Senen dan 290 ribu lainya penumpang berangkat menggunakan KAJJ keberangkatan awal dari Stasiun Gambir.

Pada masa angkutan lebaran, mayoritas pemesanan tiket KA Jarak Jauh dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada tanggal favorit, yakni tanggal 14 sampai 24 April 2023.

Berdasarkan data tiket terjual pada tanggal-tanggal tersebut, tingkat okupansi volume penumpang sudah mencapai 90 hingga 100 persen, dengan volume penumpang berangkat tertinggi atau puncak arus mudik tercatat pada tanggal 18 sampai 23 April, di mana tingkat okupansi atau keterisian tempat duduk pada tanggal tersebut mencapai 100 persen.

"Adapun sejumlah kota tujuan yang menjadi pilihan favorit di antaranya Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo dan Bandung," ujarnya.

Secara keseluruhan, situasi arus mudik dan arus balik dari area Daop 1 Jakarta terpantau lancar dan kondusif serta seluruh perjalanan KA berlangsung lancar, aman, selamat dan tepat waktu.

Sepanjang masa angkutan lebaran KAI Daop 1 Jakarta melayani 750 ribu penumpang yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News