4 Khasiat Air Rebusan Daun Pandan, Amazing!

Rabu, 03 Mei 2023 – 07:30 WIB
4 Khasiat Air Rebusan Daun Pandan, Amazing! - JPNN.com Jabar
Daun Pandan. Foto : Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Ada berbagai daun populer yang sering digunakan sebagai salah satu bahan masakan, baik untuk hidangan gurih dan manis. Salah satu yang populer adalah daun pandan yang memiliki aroma wangi.

Namun, daun pandan yang sering ditambahkan dalam hidangan seperti bubur kacang hijau juga memiliki khasiat lainnya.

Pasalnya, di balik harumnya daun pandan, tanaman ini menyimpan sejumlah zat gizi dan senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan seperti vitamin A, B1, C, kalsium, fosfor, dan zat besi.

Daun pandan juga mengandung senyawa khas tumbuhan (fitonutrien) yang memiliki sifat antioksidan, yakni isoflavon, alkaloid, glikosida, dan beberapa senyawa fenolik di dalamnya.

Oleh sebab itu, tak heran bila banyak orang mengonsumsi rebusan daun pandan untuk mendapatkan manfaat bahan herbal ini.

Cara membuat air rebusan daun pandan ini sangatlah mudah. Siapkan 1 liter air, rebus hingga mendidih. Setelah itu, potong kecil 3–4 lembar daun pandan dan masukkan ke dalam rebusan air.

Rebus ramuan daun pandan itu selama 5–10 menit. Matikan api dan saring rebusan air pandan.

Air rebusan daun pandan siap diminum. Berikut beberapa manfaat mengonsumsi air rebusan daun pandan untuk kesehatan, seperti dilansir laman Genpi.co.

Berikut ini empat khasiat air rebusan daun pandan yang luar biasa, salah satunya mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News