Arus Balik 2023, 70 Persen Warga Bandung Belum Kembali Dari Kampung Halaman

Kamis, 27 April 2023 – 16:40 WIB
Arus Balik 2023, 70 Persen Warga Bandung Belum Kembali Dari Kampung Halaman - JPNN.com Jabar
Dinia Mediani (20), pendatang asal Kabupaten Indramayu setelah melakukan pendataan oleh petugas Disdukcapil di Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Kamis (27/4). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung mencatat sampai dengan H+5 lebaran atau Kamis (27/4), jumlah pemudik yang kembali ke kota asalnya melalui Terminal Cicaheum baru berjumlah 7.000 orang.

Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, bersama Disdukcapil dan Dinas Perhubungan (Dishub) pihaknya melakukan pendataan kepada warga pendatang di Kota Bandung.

Tercatat ada tiga tempat yang membuka posko pendataan penduduk oleh Disdukcapil, yakni di Terminal Cicaheum, Leuwipanjang, dan Stasiun Kiaracondong, Kota Bandung.

“Ini bukan operasi yustisi, jadi ini kegiatan rutin yang biasa kami lakukan, yang namanya budaya mudik, budaya datang pasti terjadi kecuali saat kita pandemi ya. Tahun ini sangat luar biasa, mungkin sudah merindukan tertahan 1 atau 2 tahun, jadi artinya di Bandung mudik luar biasa,” kata Ema ditemui di Terminal Cicaheum.

Ema memaparkan, berdasarkan data yang diterima, tercatat sejak H-7 hingga H+3 lebaran, ada sekitar 1.302 kendaraan yang hilir mudik selama masa angkutan lebaran 2023.

“Yang terinvetarisasi dari 1.302 itu, kurang lebih 22.825 penumpang dengan berbagai jurusan,” ucapnya.

Selanjutnya, kata Ema, jumlah pemudik yang baru kembali ke Kota Bandung baru sekitar 7.000 orang, artinya masih banyak penduduk yang belum kembali pascalibur Idulfitri 2023.

“Menurut informasi dari petugas di sini yang sudah balik ke Kota Bandung sekitar 7.000 sekian, jadi artinya kurang lebih baru 30 persen nih, berarti masih ada 70 persen yang masih di perjalanan atau bergerak dari kampung halaman,” jelasnya.

Disdukcapil Kota Bandung mencatat jumlah pemudik yang kembali ke kota asalnya baru sekitar 7.000 orang. Masih ada 70 persen penduduk yang belum kembali.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News