Menko Airlangga Sentil Jabar Pusat Pertanian Tapi Realiasasi KUR Kecil

Rabu, 05 April 2023 – 16:10 WIB
Menko Airlangga Sentil Jabar Pusat Pertanian Tapi Realiasasi KUR Kecil - JPNN.com Jabar
Menko Bidang Perekonomian Airlngga Hartanto saat menghadiri acara Kick Off Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Jawa Barat 2023 yang digelar di Kabupaten Purwakarta, Rabu (5/4). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, PURWAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto menyinggung Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat karena realisasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk pertanian di wilayahnya masih sangat kecil.

Hal itu disampaikan Airlangga saat menghadiri acara Kick Off Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Jawa Barat 2023 yang digelar di Kabupaten Purwakarta, Rabu (5/4).

Selain Airlangga, acara itu juga dihadiri Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.

Airlangga mengatakan, pemerintah telah menyalurkan KUR pertanian di tahun 2022 mencapai Rp 117,13 triliun.

Penyaluran tertinggi yakni di Jawa Timur sebesar Rp 24 triliun, kemudian disusul Jawa Tengah Rp 17 triliun. Sementara Jawa Barat sebesar Rp 7,32 triliun.

“Jadi Kang Uu, Jawa Barat terlalu rendah, pusat pertanian tapi KUR pertaniannya hanya Rp 7,2 triliun, jadi harus digenjot lagi ini, Pak hergun di Jabar, karena sudah masuk koalisi juga jadi kami bagi rata saja,” katanya dalam sambutan.

Selain itu, kata dia, pemerintah juga sudah mengalokasikan anggaran pengendalian dan Ketahanan pangan di tahun ini sebesar Rp 104,2 triliun.

Ia pun memastikan agenda tersebut menjadi salah satu perhatian utama pemerintah.

Menko Perekonomian Airlangga Hartanto menyentil Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum soal KUR pertanian yang kecil di Jabar.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News