PMI Kabupaten Sukabumi Kehabisan Stok Kantong Darah A dan AB

Selasa, 04 April 2023 – 19:40 WIB
PMI Kabupaten Sukabumi Kehabisan Stok Kantong Darah A dan AB - JPNN.com Jabar
Ilustrasi kantong darah Palang Merah Indonesia (PMI). Ilustrasi : Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, SUKABUMI - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi mengimbau kepada masyarakat yang bergolongan darah A dan AB untuk mendonorkan darahnya karena persediaannya sangat minim bahkan kosong.

"Dari data terakhir pada Selasa (4/4) siang, untuk golongan darah A persediaannya hanya satu kantong darah berukuran 350 cc, sementara AB tidak ada sama sekali persediaannya," kata Kabid Pelayanan Darah Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kabupaten Sukabumi dr Gesti Rachmani.
 
Menurut Gesti, kurangnya bahkan kosongnya persediaan darah untuk golongan A dan AB ini salah satu faktor penyebabnya adalah permintaan tinggi sementara pendonor minim.

Biasanya warga yang membutuhkan donor darah untuk golongan darah tersebut jika persediaannya sudah kosong maka membawa sendiri pendonor baik keluarga maupun rekannya.

Maka dari itu, untuk memenuhi persediaan darah khususnya golongan A dan AB pihaknya gencar melakukan "jemput bola" maupun mobile donor darah.

Sekaligus memberikan imbauan kepada masyarakat untuk rutin mendonorkan darahnya selain bisa membantu dan menyelamatkan jiwa orang lain, aksi sosial ini juga menyehatkan.

Selain itu, pada Bulan Suci Ramadan 1444 H, pihaknya membuka layanan donor darah 24 jam yang bertempat di Markas PMI Kabupaten Sukabumi di Jalan Raya Cibolang, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi.

Ia menambahkan donor darah saat melaksanakan puasa, tidak membatalkan ibadahnya tersebut bahkan menyehatkan tubuh.

Namun demikian, sebelum melaksanakan donor darah, pendonor harus terlebih dahulu sahur (maka dan minum yang cukup), istirahat yang cukup dan menyiapkan mentalnya.

PMI Kabupaten Sukabumi mengimbau kepada masyarakat yang bergolongan darah A dan AB untuk mendonorkan darahnya karena persediaannya sangat minim bahkan kosong.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News