GMC Luncurkan Program Bank Sampah di Cirebon

Sabtu, 11 Maret 2023 – 16:30 WIB
GMC Luncurkan Program Bank Sampah di Cirebon - JPNN.com Jabar
Sukarelawan Ganjar Milenial Center (GMC) meluncurkan program bank sampah di Kabupaten Cirebon. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, CIREBON - Sukarelawan Ganjar Milenial Center (GMC) meluncurkan program Bank Sampah di Kabupaten Cirebon. Bank sampah adalah program daur ulang, dengan menerapkan strategi 3R yaitu Reuse, Reduce, dan Recycle.

Koordinator Wilayah (Korwil) GMC Jawa Barat, Muhammad Hamdan mengatakan, sampah merupakan persoalan yang sangat krusial, karena sampah merupakan konsekuensi dari setiap kegiatan manusia.

Setiap kegiatan manusia pasti menghasilkan sampah yang jumlah dan volumenya berbanding lurus dengan tingkat konsumsi barang yang digunakan sehari-hari.

"Sampah hari ini merupakan persoalan yang cukup besar untuk masyarakat di Indonesia, kondisinya yang semakin menumpuk. Untuk itu, kami bersama warga berinisiasi untuk menciptakan program bank sampah, dimana salah satu tujuannya untuk mengurangi tumpukan sampah di TPS yang ada di sini," ujar Hamdan dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Sabtu (11/3).

Menurutnya, berpartisipasi dalam program bank sampah berarti memiliki kepedulian terhadap lingkungan tentang prilaku daur ulang.

"Maka, program itu kami ajak kolaborasi salah satunya dengan perangkat desa dan organisasi desa di Kertawinangun untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengurangi dampak negatif dari sampah," kata Hamdan.

Hamdan menuturkan, selain untuk mengurangi volume sampah, bank sampah juga bertujuan untuk mengedukasi masyarakat terhadap pengelolaan sampah.

"Program bank sampah juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman bagi masyarakat tentang apa saja yang bisa dimanfaatkan sehingga mampu meningkatkan nilai ekonomi dari sampah itu sendiri," ujar Hamdan.

Sukarelawan Ganjar Milenial Center (GMC) meluncurkan program bank sampah di Kabupaten Cirebon.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News