GMP Bentuk Kelompok Petani Binaan di Garut

Jumat, 03 Maret 2023 – 13:40 WIB
GMP Bentuk Kelompok Petani Binaan di Garut - JPNN.com Jabar
GMP Bentuk Kelompok Petani Binaan di Garut. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, GARUT - Sukarelawan Ganjar Muda Padjajaran membentuk kelompok tani binaan di Desa Bunisari, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut. Pembentukan kelompok tani ini dinilai efektif dalam meningkatkan produktifitas petani di wilayah tersebut.

Koordinator Ganjar Muda Padjajaran Fikri Amri mengatakan, pembentukan kelompok tani binaan merupakan komitmen nyata dari GMP untuk kesejahteraan para petani.

"Kami bekerja sama dengan warga setempat yang memiliki lahan untuk diaktifkan menjadi lahan produktif sehingga bisa digarap oleh petani di Desa Bunisari," ujar Fikri dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Jumat (3/3).

"GMP hadir membentuk kelompok tani yang produktif dan berkesinambungan karena sekarang mulai sedikit orang yang ingin menjadi petani," sambungnya.

Fikri menuturkan, selain membentuk kelompok tani binaan, GMP juga berencana membuat instalasi air untuk mengairi sawah yang akan digarap.

"Kami berencana membangun instalasi air untuk irigasi pertanian sehingga lahan ini lebih produktif lagi," ungkap Fikri.

Dia melanjutkan pembuatan instalasi ini sebagai langkah selanjutnya setelah membuka lahan gambut untuk ditanami padi.
"Setelah ini, kami melakukan instalasi air dulu. Daerah ini tadah hujan. Dengan instalasi air ini, mereka bisa bertani sepanjang tahun karena tersedianya air irigasi setiap saat," jelasnya.

Dia mengatakan, program ini sangat membantu petani yang tidak mempunyai lahan gambut untuk digarap. Menurut dia, GMP terinspirasi sosok Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk membuat program ini.

Ganjar Muda Padjajaran membentuk kelompok tani binaan di Kabupaten Garut. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan produktifitas petani.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News