Dukung Kemandirian Ekonomi Perempuan, Mak Ganjar Gelar Pelatihan Pembuatan Sabun

Jumat, 17 Februari 2023 – 14:17 WIB
Dukung Kemandirian Ekonomi Perempuan, Mak Ganjar Gelar Pelatihan Pembuatan Sabun - JPNN.com Jabar
Sukarelawang Mak Ganjar Jawa Barat memberikan pelatihan pembuatan sabun untuk para ibu di Bogor. Kemandirian ekonomi perempuan menjadi misi utama kegiatan ini. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, BOGOR - Sukarelawan Mak Ganjar terus melakukan konsolidasi di daerah-daerah Jawa Barat. Kali ini, Mak Ganjar berkesempatan untuk menggelar Pelatihan Pembuatan Sabun Natural Dengan Penambahan Madu dan Polen di Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor..

"Kami mengadakan kursus industri rumahan dengan gelar kegiatan pelatihan pembuatan sabun natural. Tujuannya untuk memberdayakan mak-mak di Cibinong dan berkreasi dengan menciptkan industri rumahan," ujar Koordinator Wilayah (Korwil) Mak Ganjar Jawa Barat Nurapsi dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Jumat (17/2).

Nurapsi menjelaskan, pelatihan tersebut dinilai penting. Pasalnya, peran perempuan di era saat ini dituntut untuk lebih kreatif meskipun hanya menjadi seorang ibu rumah tangga.

"Mak-mak di era saat ini, selain menjadi seorang ibu rumah tangga, tentu juga dituntut harus kreatif dan inovatif dalam membantu suami untuk meningkatkan perekonomian keluarga," kata Nurapsi.

Lebih lanjut, Nurapsi menuturkan, kegiatan tersebut menuai respons positif dari para warga yang tergabung sebagai peserta. Menurutnya, banyak warga yang terinspirasi mengembangkan produk lainnya sehingga menjadi nilai ekonomi.

"Alhamdullilah para mak-mak di sini merespons baik kegiatan itu, mereka mengaku terbantu dengan adanya kegiatan ini yang dinilai memberikan manfaat dan inspirasi baru dalam mengembangkan produk lainnya," katanya.

Nurapsi menambahkan, warga berharap kegiatan tersebut akan terus dilanjutkan hingga dan mencipkan produk yang siap dipasarkan di masyarakat.

"Tentu kami tampung harapan para emak-emak untuk melanjutkan kegiatan ini pada tahap pembinaan, setelah diajarkan proses produksinya, selanjutnya dapat dilanjutkan dengan cara pemasaran melalui platform digital dan membangun koperasi, tentu akan kami kawal terus mudah-mudahan berjalan dengan lancar," kata Nurapsi.

Sukarelawang Mak Ganjar Jawa Barat memberikan pelatihan pembuatan sabun untuk para ibu di Bogor. Kemandirian ekonomi perempuan menjadi misi utama kegiatan ini.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News