90 Warga Bandung Barat Keracunan, Dinkes Jabar Suplai Obat-obatan

Kamis, 16 Februari 2023 – 20:10 WIB
90 Warga Bandung Barat Keracunan, Dinkes Jabar Suplai Obat-obatan - JPNN.com Jabar
Ilustrasi keracunan makanan massal. Ilustrator: Sultan Amanda Syahidatullah/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG BARAT - Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Barat akan menyuplai bantuan obat-obatan kepada warga yang keracunan di Desa Cilangari, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Adapun kejadian tersebut sudah masuk dalam status Kejadian Luar Biasa (KLB).

Data terakhir, ada 90 warga yang mengalami keracunan massal, yang mana rinciannya dua orang meninggal dunia setelah mendapatkan perawatan.

“Teman-teman kabupaten kota sekarang sudah tata laksana kasus, berkoordinasi dengan rumah sakit untuk mengirimkan stok obat-obatan, Bahkan sudah mengirim juga sampel makanan, air-air di sekitar kejadian ke Labkesda, tetapi hasilnya saat ini belum keluar,” kata Ketua Tim Surveilans Dinkes Jabar Dewi Ambarwati, Kamis (16/2).

Ia menuturkan, seusai menyantap nasi kotak yang disajikan saat pengajian, para jemaah yang hadir merasakan mual, muntah, hingga diare.

Selain itu, ada juga warga yang mengeluarkan cairan dari tubuhnya yang menimbulkan dehidrasi.

Saat ini kasus tersebut sudah ditangani Dinkes KBB dan berkoordinasi dengan Dinkes Jabar untuk mencari tahu kekurangan yang dibutuhkan para korban.

“Jadi apa yang mereka butuhkan kami akan bantu. Cuma sejauh ini masih bisa ditangani oleh Dinkes KBB,” ujarnya.

Dinkes Jabar akan menyuplai bantuan obat-obatan untuk warga yang menderita keracunan massal di Desa Cilangari, Kabupaten Bandung Barat.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News