Nelayan Pendukung Ganjar Pranowo Menggelar Aksi Pungut Sampah di Cirebon

Selasa, 20 Desember 2022 – 22:00 WIB
Nelayan Pendukung Ganjar Pranowo Menggelar Aksi Pungut Sampah di Cirebon - JPNN.com Jabar
Nelayan Pendukung Ganjar Pranowo Menggelar Aksi Pungut Sampah di Cirebon. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, CIREBON - Ratusan nelayan sukarelawan Ganjar Pranowo melakukan aksi pungut sampah di di pesisir muara Sungai Bondet di Desa Mertasinga, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon.

Koordinator Wilayah Komunitas Nelayan Pesisir Jawa Barat, Handi Nurdin mengatakan, aksi pungut sampah di Sungai Bondet merupakan bentuk kepedulian para nelayan pendukung Gubernur Jawa Tengah tersebut.

"Latar belakang kami melakukan bersih-bersih sampah ini adalah agar pesisir di sini bersih, hidup makin sehat. Karena kami melihat di sini ada peningkatan sampah. Kalau misal banyak sampah, ikan-ikan jadi enggak sehat. Jadi terdampak ke masyarakat sekitar," kata Handi dalam keterangan tertulisnya, dikutip Selasa (20/12).

Handi menuturkan, komunitas nelayan pendudukung Ganjar Pranowo tersebut sangat semangat membersihkan sampah-sampah di area muara Sungai Bondet.

Bermodalkan alat-alat sederhana seperti sapu, pengki, garpu rumput dan plastik sampah, para nelayan bertekad membuat wilayah tersebut menjadi lebih nyaman untuk beraktivitas dengan tidak adanya sampah.

Aksi gotong royong ini juga bertujuan agar kapal nelayan bisa dengan lancar saat berlabuh atau pergi melaut dari muara tersebut. Sebab, kata Handi, kapal para nelayan kerap terganggu aktivitasnya karena sampah yang sering menyangkut di kapal.

"Di sini kami melibatkan semua elemen nelayan, karena kan di sini (Cirebon) penghasil udang terbesar. Tapi di daerah sini lagi merosot hasilnya, karena limbah-limbah yang mencemari pesisir tersebut. Sekitar 300 orang kami dari berbagai wilayah Cirebon kami libatkan untuk bersih-bersih ini," jelasnya.

Selain melakukan aksi pungut sampah, Handi menambahkan, pihaknya juga turut membagikan paket sembako kepada para nelayan di wilayah setempat. Dia berharap, bantuan tersebut bisa memenuhi kebutuhan pangan keluarga nelayan kecil selama beberapa waktu ke depan.

Ratusan nelayan pendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, melakukan aksi pungut sampah di Cirebon.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News