Survei LSN: Elektabilitas Ridwan Kamil dan Moeldoko Moncer Jika Jadi Cawapres

Jumat, 16 Desember 2022 – 15:59 WIB
Survei LSN: Elektabilitas Ridwan Kamil dan Moeldoko Moncer Jika Jadi Cawapres - JPNN.com Jabar
Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko. Foto: Ricardo/jpnn.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Lembaga Survei Nasional (LSN) merilis hasil survei terbaru tentang perkembangan elektabilitas bakal calon wakil presiden (Cawapres) potensial pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, masih menjadi yang teratas dalam hal elektabiltas untuk menjadi cawapres potensial pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Peneliti Senior LSN, Gema Nusantara Bakry mengatakan, ada empat tokoh yang paling dinominasikan publik sebagai cawapres, yakni Ridwan Kamil (23,8%), Sandiaga Uno (18,7%), AHY (12,4%) dan Moeldoko (10,5%).

"Ridwan Kamil jika disimulasikan berpasangan dengan capres (calon presiden) manapun (Prabowo, Ganjar atau Anies) meraih elektabilitas tertinggi," ucap Gema dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Jumat (16/12).

Gema menuturkan, Sandiaga juga memiliki tingkat keterpilihan tinggi jika dipasangkan dengan Ganjar maupun Prabowo. Sementara itu AHY hanya memiliki elektabilitas yang tinggi jika menjadi cawapresnya Anies. Sedangkan Moeldoko juga punya peluang keterpilihan cukup tinggi jika menjadi cawapresnya Ganjar.

Meski begitu, Gema menuturkan dua tokoh itu bisa saja menjadi kuda hitam dalam Pilpres 2024 untuk menjadi capres. Hal itu bisa terjadi asalahkan para sukarelawan keduanya benar-benar melakukan tugas dan fungsinya dalam menyosialisasikan 'jagoannya' ke masyarakat.

Selain menyosialisasikan kepada masyarakat, keduanya juga harus melakukan komunikasi dengan partai politik agar mau meminangnya sebagai capres. Pasalnya, dua tokoh tersebut hingga saat ini belum memiliki partai untuk menjadi kendaraan politik pada Pilpres 2024.

Berdasarkan hasil survei LSN, kedua tokoh tersebut berada pada klaster capres papan tengah yang terdiri dari beberapa tokoh yang memiliki elektabilitas antara 2% hingga 8%. Mereka yang termasuk dalam kluster ini adalah Ridwan Kamil (7,3%), Moeldoko (4,1%), Andika Perkasa (2,7%), Sandiaga Uno (2,5%), AHY (2,4%), dan Erick Thohir (2,0%).

Lembaga Survei Nasional merilis hasil survei terbaru tentang perkembangan elektabilitas bakal calon capres dan cawapres untuk Pemilu 2024. Begini Hasilnya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News