Kisruh SDN Pondok Cina 1 Temui Titik Terang, Kemendikbudristek Puji Ridwan Kamil

Kamis, 15 Desember 2022 – 20:30 WIB
Kisruh SDN Pondok Cina 1 Temui Titik Terang, Kemendikbudristek Puji Ridwan Kamil - JPNN.com Jabar
Proyek revitalisasi trotoar di depan SDN Pondok Cina 1, di Jalan Margonda Raya. Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN.com.

jabar.jpnn.com, DEPOK - Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Chatarina Muliana Girsang menyampaikan apresiasi kepada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang telah mengambil langkah cepat dalam kisruh relokasi SDN Pondok Cina 1.

"Atas nama kementerian, kami sampaikan terima kasih kepada Bapak Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang telah menunda pemberian bantuan pembangunan rumah ibadah di lokasi SD Negeri Pondok Cina 1," Ucapnya dalam keterangan resmi, Kamis (15/12).

Selain itu, dirinya juga menjelaskan langkah-langkah yang telah dilakukan oleh Kemendikbudristek sejak September 2022 terkait permasalahan ini.

“Langkah-langkah yang telah kami ambil, yakni meminta penjelasan atas permasalahan rencana alih fungsi lahan SDN Pondok Cina 1 kepada Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, melakukan mediasi antara Dinas Pendidikan dan pihak sekolah, serta memberikan rekomendasi," jelasnya.

Meski pengelolaan sekolah merupakan kewenangan pemerintah kota, tetapi Kemendikbudristek tetap berkewajiban memastikan bahwa hak belajar siswa dan kewajiban mengajar para guru tetap berjalan dengan lancar.

“Kami memiliki kewajiban untuk memastikan hak belajar siswa dan kewajiban mengajar guru tidak terbengkalai,” ujarnya.

Berkat kerjasama seluruh pihak, saat ini siswa yang masih bisa belajar SDN Pondok Cina 1 dan akan tetap difasilitasi belajar mengajar, sampai dengan terbangunnya ruang kelas baru di SDN Pondok Cina 5 yang dijadikan tempat relokasi.

"Kami dari Kemendikbudristek akan terus memantau permasalahan, mengadvokasi dan memastikan keterlaksanaan pembelajaran tetap berpihak pada peserta didik, pendidik dan orang tua," pungkasnya. (mcr19/jpnn)

Kemendikbudristek mengapresiasi langkah Gubernur Jabar, Ridwan Kamil yang telah menunda pemberian bantuan pembangunan masjid di lahan SDN Pondok Cina 1.

Redaktur : Yogi Faisal
Reporter : Lutviatul Fauziah

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News