Menjelang Akhir Tahun, Elektabilitas Ridwan Kamil Kembali Menguat untuk Pilpres 2024

Rabu, 26 Oktober 2022 – 20:55 WIB
Menjelang Akhir Tahun, Elektabilitas Ridwan Kamil Kembali Menguat untuk Pilpres 2024 - JPNN.com Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Elektabilitas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam kontestasi politik Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 kembali menguat.

Dalam survei tersebut, Litbang Kompas memisahkan kandidat capres dengan elektabilitas di atas 10% dan di bawah 10%. Ridwan Kamil menduduki puncak pada kategori di bawah 10%.

Litbang Kompas menunjukan elektabilitas Ridwan Kamil melejit mencapai 8,5%. Sementara tokoh lainnya berada di bawah 3%.

Merespons hal tersebut, Pengamat politik Unpad Firman Manan menilai survei tersebut menunjukan kenaikan elektabilitas Ridwan Kamil signifikan meski di atasnya masih ada Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Namun, dari sejumlah survei yang dilakukan, menunjukan Ridwan Kamil adalah figur calon presiden paling potensial dari Jawa Barat.

"Kalau kita lihat figur Jawa Barat memang yang paling potensial adalah Kang Emil. Posisi gubernur saat ini, bagaimanapun itu mereseprentasikan (suara) warga Jabar," kata Firman dalam keterangannya, Rabu (26/10).

"Jadi sejauh ini kalau bicara siapa figur Jabar yang paling potensial kelihatannya Kang Emil," sambung Firman.

Firman menduga, ada sejumlah faktor yang membuat elektabilitas Ridwan Kamil menguat untuk Pilpres 2024. Di antaranya komunikasi politik dan penanganan Covid-19.

Elektabilitas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kembali menguat dan diperhitungkan dalam bursa kandidat Presiden 2024.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News