Melihat Peluang Anies Baswedan di Jawa Barat

Senin, 03 Oktober 2022 – 21:50 WIB
Melihat Peluang Anies Baswedan di Jawa Barat - JPNN.com Jabar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Partai Nasdem secara resmi mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon Presiden 2024.

Kepopuleran Anies Baswedan di Indonesia, mayoritas datang dari pinggiran kota metropolitan, seperti Depok, Bekasi, dan Bogor. Lantas bagaimana elektabilitas dan peluang orang nomor satu di DKI Jakarta tersebut di Jawa Barat?

Merespons hal tersebut, Pengamat Politik Unpad Firman Manan membenarkan hal tersebut.

Menurutnya, selama ini dukungan terhadap Anies di Jabar banyak datang dari wilayah penyangga Ibu Kota Jakarta.

“Kalau lihat dukungan terhadap Anies di Jabar yang banyak itu di daerah megapolitan seperti Bogor, Depok, dan Bekasi. Wajar karena itu adalah daerah perbatasan dengan Jakarta, jadi tentu banyak yang mengenal beliau,” katanya dikonfirmasi, Senin (3/10).

Selain sosok Anies, katanya, dukungan masyarakat Jabar terhadap Nasdem juga tidak terlalu signifikan.

“Sehingga memang yang perlu dilihat itu, bagaimana satu panggung yang disediakan Nasdem, bisa memperluas basis dukungan buat Nasdem di Jabar,” tuturnya.

Menurut Firman, momentum ini bisa dimanfaatkan Anies untuk mencuri start lebih awal dalam memperkenalkan diri kepada masyarakat sebagai bakal calon Presiden 2024 yang diusung Nasdem.

Pengamat Politik Unpad Firman Manan memberi pandangannya soal peluang Anies Baswedan sebagai Capres Nasdem di Provinsi Jawa Barat.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News