Dada Rosada Siap Maju Pilgub Jabar, Firman Manan Merespons Keras

Sabtu, 27 Agustus 2022 – 16:30 WIB
Dada Rosada Siap Maju Pilgub Jabar, Firman Manan Merespons Keras - JPNN.com Jabar
Eks Wali Kota Bandung Dada Rosada seusai bebas sebagai tahanan di Rutan Kelas IA Sukamiskin, Kota Bandung, Jumat (26/8). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Eks Wali Kota Bandung Dada Rosada mengaku siap maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat, sekalipun dirinya baru bebas sebagai tahanan dalam kasus suap hakim.

Pengamat Politik Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung Firman Manan menuturkan, secara normatif Dada Rosada memiliki hak sebagai warga negara untuk maju dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) mendatang.

Hal itu dikarenakan, hak politiknya yang tidak dicabut selama menjalani bui selama hampir 10 tahun di Rutan Kelas IA Sukamiskin, Bandung.

“Sebetulnya secara normatif, Pak Dada memang sudah selesai menjalani masa hukumannya, artinya memang hak politiknya sudah kembali penuh. Setau saya juga, hak politiknya enggak dicabut,” kata Firman dihubungi, Sabtu (27/8).

Namun Dia meragukan, apabila Dada tetap maju dalam Pilgub 2024 akan kalah suara dibandingkan kandidat lain.

Menurutnya, sisa waktu dua tahun cukup berat bagi seseorang yang akan maju dalam pilkada nanti. Apabila orang tersebut memiliki latar belakang yang cukup kelam, yakni mantan narapidana kasus korupsi.

“Untuk Pilkada saya rasa terlalu cepat untuk 2024. Pilkada ini jumlahnya terbatas kalau dibandingkan dengan caleg (calon legislatif) itu masih banyak,” ujarnya.

Selain itu, hambatan lain adalah memori publik yang masih mengingat Dada Rosada sebagai mantan Wali Kota Bandung yang tersandung kasus korupsi, rasanya butuh waktu untuk mengembalikan kepercayaan pemilih.

Pengamat Politik Unpad Firman Manan memberi pandangannya soal peluang Dada Rosada dalam Pilgub Jabar 2024. Begini katanya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News