Dua Kekuatan Besar Ini Akan Menjadi Penentu Pemilu 2024

Selasa, 19 April 2022 – 13:45 WIB
Dua Kekuatan Besar Ini Akan Menjadi Penentu Pemilu 2024 - JPNN.com Jabar
Director Research of IndoNarator membahas kekuatan politik pada 2024 mendatang. Foto : Dokumen Pribadi.

jabar.jpnn.com, DEPOK - Meski Pemilihan Umum (Pemilu) akan berlangsung pada 2024 mendatang, tetapi peta kekuatan politik sudah mulai terbaca.

Director Research of IndoNarator Harsam mengatakan, ada dua kekuatan politik yakni kekuatan islam dan militer satu warna ‘hijau’ dan dua bendera.

“Kami mengistilahkannya dengan ‘satu warna dua bendera’ untuk kekuatan poltik tersebut,” ucapnya, Senin (18/4).

Baginya, peta kekuatan politik Indonesia sejak awal kemerdekaan terutama di periode awal kemerdekaan hingga orde baru, militer dan islam sebagai kekuatan determinan.

Pengaruh islam dan militer bisa dihubungkan, baik itu dalam konteks mempertahankan negara dari kolonialisme, serta menjaga spirit nasionalisme hingga mengisi pembangunan bangsa.

“Dari pengalaman historis, kami mendapati satu bukti empiris bahwa militer dan terutama islam memainkan peran strategis dalam menjaga keutuhan bangsa,” ujarnya.

Presiden Soekarno kala itu mendesak Jenderal Soedirman untuk memberikan fatwa bagi umat islam untuk mempertahankan kemerdekaan menimbang kekuatan militer.

“Peran islam juga terlihat dalam rentetan perjuangan mempertahankan kemerdekaan mulai dari peristiwa pertempuran Surabaya, Bandung Lautan Api, dan peristiwa penting lainnya yang memiliki peran penting dalam resolusi jihad,” jelasnya.

Director Research of IndoNarator Harsam angkat suara soal dua kekuatan politik besar di Indonesia menjelang Pemilu 2024 mendatang. Apa itu? simak penjelasannya!
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News