Pencetakan Surat Suara Pilgub Jabar Ditargetkan Mampu Mencetak 4,5 Juta Per Hari

Kamis, 24 Oktober 2024 – 08:00 WIB
Pencetakan Surat Suara Pilgub Jabar Ditargetkan Mampu Mencetak 4,5 Juta Per Hari - JPNN.com Jabar
Fungsional Ahli Madya Tata Kelola Pemilu (TKP) KPU Jabar, Susila Hery Prabawa, saat meninjau proses pencetakan surat suara Pilgub Jabar. (ANTARA/HO KPU Jabar)

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat menyebutkan bahwa proses pencetakan surat suara untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2024, mulai Rabu (23/10) ini dengan target 4,5 juta per hari dan bisa selesai akhir Oktober 2024.

"Proses cetak dimulai hari ini, awalnya jam 08.00 WIB, tetapi mundur jadi jam 11.00 WIB. Target per harinya dicetak 4,5 juta surat suara untuk Pilgub Jabar, sampai akhir Oktober 2024," ujar Fungsional Ahli Madya Tata Kelola Pemilu (TKP) KPU Jabar, Susila Hery Prabawa.

Dengan target dan estimasi selesai masa cetak pada tanggal 30 Oktober 2024, distribusi surat suara Pilgub Jabar, kata Hery, ditargetkan rampung terkirim di KPU kabupaten/kota pada tanggal 1 November 2024.

Untuk mencegah kerusakan surat suara, ujar Hery, pihaknya akan melakukan pengecekan secara simultan setiap beberapa menit.

"Perusahaan secara simultan melakukan pemeriksaan setiap beberapa menit sekali untuk memastikan surat suara yang dicetak sesuai dengan dummy yang telah di-ACC," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Jabar Hari Nazarudin mengatakan proses produksi surat suara akan selesai pada akhir Oktober 2024 ini yang nantinya akan langsung didistribusikan ke daerah.

"Kami sudah ada jadwal dan kemungkinan kami target di tanggal 30 ini beres untuk proses cetak dan langsung didistribusikan. Cetak surat suara (pilbup) sudah proses tinggal menunggu yang pilgub, ketika sudah selesai langsung didistribusikan semua di tanggal 30 agar semuanya dikirim sekalian," kata Hari.

Untuk diketahui, terdapat empat pasangan calon (paslon) yang akan bertarung pada Pilgub Jabar 2024.

KPU Jawa Barat menyebutkan bahwa proses pencetakan surat suara untuk Pilgub Jawa Barat 2024 diharapkan mampu mencetak 4,5 juta per hari
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News