Jurus Jitu Cawalkot Dandan Riza Wardana Mengatasi Masalah Sampah di Bandung

Rabu, 16 Oktober 2024 – 19:00 WIB
Jurus Jitu Cawalkot Dandan Riza Wardana Mengatasi Masalah Sampah di Bandung - JPNN.com Jabar
Calon Wali Kota Bandung nomor urut satu, Dandan Riza Wardana. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Calon Wali Kota Bandung nomor urut satu, Dandan Riza Wardana memiliki sejumlah solusi untuk mengatasi masalah sampah di Kota Bandung.

Saat ini, Kota Bandung menjadi daerah penyumbang sampah organik terbesar ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti, dibanding tiga daerah lain yakni Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat dan Kota Cimahi.

Dandan mengatakan, dalam visi-misi nya sampah menjadi salah satu perhatiannya. Pihaknya pun tak akan menghilangkan program Wali Kota sebelumnya yang sudah bagus.

"Bagi saya, apabila program dari wali kota sebelumnya memang baik, ya harus kita lanjutkan. Contoh misalnya dulu zaman Kang Dada Rosada, ada yang namanya Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa). Nah, itu kan sempat berhenti. Padahal itu baik," kata Dandan, Rabu (16/10).

Sampah yang menjadi masalah di Kota Bandung hari ini, kata dia, bisa diselesaikan dengan (PLTSa).

"Tinggal bagaimana kita mengkolaborasikan dengan walhi, dengan masyarakat lingkungan, masyarakat dan sebagainya. Karena kalau saya dengar itu sudah ada lahannya kan 10 hektare itu. Tinggal dilanjutkan saja," ujarnya.

PLTSa pun, kata dia, bisa saja dikolaborasikan dengan pihak swasta untuk membantu pembiayaannya.

"Ya, bisa swasta. Kalau misalnya pemerintah kan enggak akan sanggup, investasinya cukup besar. Saya rasa swasta bisa. Kita kan hanya regulasi aja nanti," tandasnya. (mcr27/jpnn)

Cawalkot Bandung 01 Dandan Riza Wardana memiliki sejumlah solusi untuk mengatasi masalah sampah di Kota Bandung.

Redaktur : Ridwan Abdul Malik
Reporter : Nur Fidhiah Sabrina

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News