Jaga Netralitas, Bawaslu Akan Mengawasi Langsung Pemungutan Suara di Lapas dan Rutan

Rabu, 16 Oktober 2024 – 16:09 WIB
Jaga Netralitas, Bawaslu Akan Mengawasi Langsung Pemungutan Suara di Lapas dan Rutan - JPNN.com Jabar
Koordinator Divisi Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat, Bawaslu Provinsi Jabar, Nuryamah. Foto: Ridwan Abdul Malik/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jawa Barat memastikan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara Pilkada serentak 2024 di TPS khusus yang berada di Rutan dan Lapas bakal diawasi langsung.

Koordinator Divisi Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat, Bawaslu Provinsi Jabar, Nuryamah mengatakan, pengawasan di TPS khusus sebenarnya tidak berbeda dengan TPS reguler.

Namun, ketika ada dugaan pelanggaran pada pemungutan dan penghitungan suara, warga binaan maupun petugas Rutan dan Lapas bisa melaporkan kepada PTPS.

"TPS khusus juga sama aja dengan TPS reguler. Ketika ada dugaan pelanggaran saat hari H mereka bisa melaporkan kepada PTPS," kata Nuryamah di Lapas Perempuan Kelas II A Bandung, Rabu (16/10/2024).

Selain itu, Nuryamah mengingatkan kepada seluruh petugas maupun warga binaan Rutan dan Lapas di Jawa Barat agar tetap bersikap netral pada Pilkada serentak 2024. Sebab, yang paling penting dalam pelaksanaan pesta demokrasi ini yaitu, langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil (Luber Jurdil) sesuai dengan asas Pemilu.

"Sebenarnya, asas pemilu itu luber dan jurdil, terutama terkait masalah kerahasiaan. Yang dikhawatirkan, mereka (warga binaan) saling colek-colek, Eh, nanti pilih yang ini," ujarnya.

Kendati begitu, Nuryamah optimistis pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di Rutan dan Lapas tidak ada atribut maupun kegiatan kampanye. Mengingat, warga binaan tidak diberikan akses untuk menggunakan alat komunikasi.

"Tidak ada kampanye calon yang masuk, dan tidak ada yang namanya money politics. Apalagi dalam konteks hoaks dan lain sebagainya. Mereka tidak diberikan akses HP," kata dia.

Bawaslu Jawa Barat memastikan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara Pilkada serentak 2024 di TPS khusus yang berada di Rutan dan Lapas bakal diawasi.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News