Cawagub Ronal: Toleransi Bergama Bentuk Pengaplikasian Pancasila Sebagai Dasar Negara

Rabu, 02 Oktober 2024 – 07:45 WIB
Cawagub Ronal: Toleransi Bergama Bentuk Pengaplikasian Pancasila Sebagai Dasar Negara - JPNN.com Jabar
Calon Wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut 2, Ronal Surapradja saat mengunjungi para pemuka agama Kristen yang tergabung dalam Himpunan Kristen Batak Protestan (HKBP) di Kota Bekasi, Senin (30/09). Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, BEKASI - Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jawa Barat (Jabar) Ronal Surapradja menunjukkan komitmennya dalam hal toleransi beragama.

Hal itu ditunjukkan Ronal saat mengunjungi para pemuka agama Kristen yang tergabung dalam Himpunan Kristen Batak Protestan (HKBP) di Kota Bekasi, Senin (30/09).

Cawagub nomor urut 2 ini mengingatkan bahwa saling menghormati dan menghargai keyakinan orang lain adalah bentuk toleransi yang paling tinggi.

"Saya berjumpa dengan perwakilan Himpunan Kristen Batak protestan (HKBP), kami banyak mendapatkan masukan, intinya adalah mengenai isu paling penting soal intoleransi,"kata Ronal dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Rabu (2/10).

Ronal menyebut, tingkat toleransi masyarakat Jawa Barat cukup tinggi. Secara nasional, ada dua kota/kabupaten yang masuk sebagai kota paling toleran di Indonesia yakni Kota Bekasi dan Sukabumi.

"Yang membuat saya bangga adalah ternyata Kota Bekasi ini adalah kota kedua yang dianggap paling toleran se Indonesia. Ini sebuah prestasi yang luar biasa yang harusnya bisa menjadi role model buat kota-kota lainnya," kata Cawagub yang saat ini berpasangan dengan mantan Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata.

Menurutnya, toleransi dalam beragama merupakan pengejawantahan daripada semboyan bangsa Indonesia yang tercantum dalam Pancasila sebagai dasar negara yaitu Bhinneka Tungga Ika.

"Ini lho Indonesia bhineka tunggal Ika bahwa Indonesia itu bukan seragam tapi beragam karena perbedaan sesungguhnya adalah anugerah bukan sebuah masalah. Intinya adalah sesuai jargon Jeje dan Ronal Jabar untuk semua ayeuna," kata Ronal. (mar5/jpnn)

Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jawa Barat (Jabar) Ronal Surapradja menunjukkan komitmennya dalam hal toleransi beragama.

Redaktur & Reporter : Ridwan Abdul Malik

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News