Bogor Smart System Jadi Salah Satu Program Andalan Atang-Annida di Pilkada 2024

Jumat, 20 September 2024 – 09:00 WIB
Bogor Smart System Jadi Salah Satu Program Andalan Atang-Annida di Pilkada 2024 - JPNN.com Jabar
Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bogor, Atang Trisnanto-Annida Allivia. Foto: Yogi Faisal/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Pasangan Atang Trisnanto-Annida Allivia mulai memperkenalkan program Bogor Smart System dalam visi Bogor Nyaman Untuk Semua.

Bakal calon Wali Kota Bogor, Atang Trisnanto menjelaskan Bogor Smart System dirancang membuat semua informasi progres pembangunan kota dan semua layanan dari pemerintah untuk masyarakat ke depan saling terhubung serta aksesnya terbuka untuk umum, juga direspons dengan gerak cepat (gercep).

“Sistem cerdas atau smart system sudah jadi kebutuhan krusial, supaya pelayanan pemerintah Kota Bogor kepada warga lebih gercep dan kami Insyaallah punya itu,” kata Atang Trisnanto.

Menurut Atang Trisnanto, Jabodetabekpunjur yang akan ditinggalkan status Jakarta sebagai ibu kota negara dan akan beralih hanya menjadi pusat bisnis pasti berdampak pada arah pembangun yang smart system.

Analisa jumlah penduduk Kota Bogor yang sekarang berjumlah 1,2 juta jiwa, pembangunan ekonomi 6,6 persen di sektor UMKM, bisnis, pariwisata pada tahun 2023 menurut Badan Pusat Statistik (BPS) dan sekitar 60 ribu pengguna KRL serta 22.000 -40.000 rata-rata jumlah kendaraan yang masuk saat hari libur tertentu tercatat Satlantas Polresta Bogor, menandakan Bogor sudah terlalu kompleks untuk hanya sekedar mengejar predikat smart city.

Program Bogor Smart System akan lebih fokus mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam tata kelola kota, pelayanan publik dan kehidupan masyarakat, sehingga tercipta peningkatan efisiensi, efektivitas dan kualitas hidup yang signifikan.

Ia menyebutkan ada 6 pilar misi Bogor Smart System yakni smart governance, smart economy, smart environtment, smart living, smart mobility dan smart people.

Atang Trisnanto yang berpengalaman menjadi Ketua DPRD Kota Bogor 2019-2024 mengungkapkan bahwa banyak aspirasi masyarakat menginginkan pembangunan kota berkelanjutan dan sumber daya manusia (SDM) cerdas, pemerintahan baru perlu sejak awal mengakomodasi kebutuhan masyarakat yang alfa sebelumnya. Yaitu, kata Atang, keberhasilan integrasi sistem yang responship alias gercep.

Pemerintah Kota Bogor sebelumnya, telah berusaha membuat sistem Bogor smart city dengan banyak aplikasi yang telah dibuat untuk pelaporan keluhan ada SiBadra, lalu ada juga sistem informasi di Disdukcapil, Dinas Kesehatan dan lain-lain.

Pasangan Atang Trisnanto-Annida Allivia mulai memperkenalkan program Bogor Smart System dalam visi Bogor Nyaman Untuk Semua.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News