Kontroversi Nisya Ahmad Tiba-tiba Dilantik Jadi Anggota DPRD Jabar, KPU Pasang Badan

Senin, 02 September 2024 – 20:00 WIB
Kontroversi Nisya Ahmad Tiba-tiba Dilantik Jadi Anggota DPRD Jabar, KPU Pasang Badan - JPNN.com Jabar
Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Jabar Adi Saputro. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - KPU Jawa Barat menjabarkan alasan Nisya Ahmad, yang tak lain adik kandung Raffi Ahmad, bisa dilantik sebagai anggota DPRD Jawa Barat.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Jabar Adi Saputro mengatakan jika Nisya Ahmad menggantikan Thoriqoh Nashrullah Fitriyah yang mengundurkan diri.

Thoriqoh dan Nisya merupakan kader Partai Amanat Nasional (PAN) Jabar yang ikut dalam Pileg 2024 dapil 2 Kabupaten Bandung.

Pada Pileg tersebut, Thoriqoh berhasil meraih 58.495 suara sah, diikuti Nisya dengan raihan 50.422 suara sah.

Adi menuturkan, sebelum pelantikan, Thoriqoh telah mengajukan pengunduran diri sehingga KPU memanggil yang bersangkutan, termasuk dari parpol pengusung.

“Partai politik memberikan surat ke KPU, baru kami klarifikasi dengan syarat mengudang partai politik dan caleg terpilih. Kami klarifikasi, betul tidak. Jangan sampai bahasa mengundurkan diri, tapi orang yang bersangkutan tidak merasa mengundurkan diri," kata Adi, Senin (2/9/2024).

Setelah dilakukan klarifikasi, kata dia, KPU kemudian mengundang partai politik dan anggota DPRD terpilih yang mengundurkan diri.

"Setelah itu, kami membuat berita acara, sudah clear, berarti kami revisi penetapan caleg terpilih, termasuk Bu Thoriqoh itu. Jadi Mbak Nisya Ahmad itu adalah pengganti calon terpilih karena Bu Thoriqoh mengundurkan diri," terangnya.

KPU Jawa Barat menjabarkan alasan Nisya Ahmad, yang tak lain adik kandung Raffi Ahmad, bisa dilantik sebagai anggota DPRD Jawa Barat.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News