Progres Coklit Data Pemilih Pilkada Karawang Capai 92 Persen

Jumat, 12 Juli 2024 – 08:00 WIB
Progres Coklit Data Pemilih Pilkada Karawang Capai 92 Persen - JPNN.com Jabar
Pantarlih melakukan coklit data pemilih pilkada 2024 di salah satu rumah warga, di Karawang, Kamis (11/7/2024). ANTARA/Ali Khumaini.

jabar.jpnn.com, KARAWANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menyatakan progres kegiatan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih pada pilkada serentak tahun 2024 yang mulai 24 Juni hingga pekan kedua Juli ini telah mencapai 92 persen.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karawang Mari Fitriana di Karawang, Kamis mengatakan kegiatan pemutakhiran data pemilih pilkada serentak yang akan berakhir 24 Juli 2024, saat ini progres kegiatan coklit telah mencapai 92 persen.

Dia mengatakan KPU Karawang telah mengerahkan sebanyak 7.199 petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih) untuk melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih untuk pilkada serentak 2024.

"Pantarlih harus melaksanakan tugasnya sesuai dengan arahan bimbingan teknis yang telah diberikan oleh KPU," ujarnya.

Mari menegaskan bahwa pemilih harus sesuai dengan data DP4 dan data kependudukan, dicocokkan dengan KTP dan kartu keluarga, serta dicatat dan disinkronisasikan dalam aplikasi e-coklit.

"Jika pemilih sudah tidak berada di tempat tinggal yang tertera maka akan ada proses lain untuk memastikan data tersebut sesuai. Jika ditemukan pemilih yang meninggal dunia maka harus diurus oleh pihak keluarga," ujarnya.

Namun, menurut dia, jika keluarga tidak bisa mengurus sendiri, KPU telah berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) serta pemerintah desa setempat untuk mengeluarkan surat keterangan kematian.

"Kami telah berkoordinasi dengan Disdukcapil dan pemerintah desa untuk mengeluarkan surat keterangan kematian bagi pemilih yang telah meninggal, jika keluarga tidak bisa mengurus sendiri,” katanya.

KPU Karawang menyatakan progres coklit data pemilih pada pilkada serentak 2024 yang mulai 24 Juni hingga pekan kedua Juli ini telah mencapai 92 persen.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News