Melawan Ridwan Kamil – Dedi Mulyadi, Koalisi Partai Ini Siapkan Kandidat di Pilgub Jabar 2024

Minggu, 23 Juni 2024 – 17:00 WIB
Melawan Ridwan Kamil – Dedi Mulyadi, Koalisi Partai Ini Siapkan Kandidat di Pilgub Jabar 2024 - JPNN.com Jabar
Ketua Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jawa Barat Ono Surono. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Partai PDI Perjuangan, PKS, dan PPP telah menyepakati untuk menjalin kerja sama politik menghadapi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2024. Kolisi tiga partai ini disebut tinggal menunggu persetujuan dari DPP masing-masing partai.

Ketiga partai ini telah menyiapkan beberapa nama untuk diajukan sebagai calon gubernur Jabar. PDIP menyiapkan Ono Surono, PKS ada nama Haru Suandharu dan PPP memunculkan Pepep Saeful Hidayat serta Uu Ruzhanul Ulum.

Bukan cuma empat nama itu, PDIP, PKS dan PPP juga melirik sosok-sosok lain yang dianggap punya potensi. Susi Pudjiastuti, Sandiaga Uno dan Bey Machmudin masuk radar ketiga partai tersebut. Namun siapa yang akan diusung nanti, masih dalam pembahasan mendalam.

Ketua DPD PDIP Jabar Ono Surono mengatakan, siapapun yang diputuskan maju di Pilgub Jabar nanti adalah sosok pemimpin yang mampu membuat Jawa Barat lebih baik lagi.

“Kan simpel konsepnya, ujungnya Jabar harus lebih baik, siapa pemimpinnya kami rumuskan. Kami berbeda dengan partai lain yang mungkin sendiri-sendiri. Kami rumuskan bersama, siapa nomor satunya,” kata Ono, Minggu (23/6/2024).

Menurut Ono, sosok yang akan dipilih nanti harus punya kapasitas mumpuni agar bisa memenangkan Pilgub Jabar. Termasuk salah satu aspek penilaiannya adalah bisa melawan Ridwan Kamil dan Dedi Mulyadi.

Seperti diketahui, Lembaga Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) melakukan survei opini publik terkait Pilgub Jabar 2024 beberapa waktu lalu. Hasilnya, nama mantan Gubernur Jabar Ridwan Kamil ada di urutan teratas diikuti Dedi Mulyadi.

"Kalau ide saya, kalau ada kesepahaman yang dibangun untuk bisa menang, kan kami menghadapi Ridwan Kamil yang katanya survei kan di tertinggi dan informasi akan balik lagi ke Jabar, lalu yang kedua adalah Dedi Mulyadi surveinya yang kedua," ujarnya.

PDIP, PKS, dan PPP telah bersepakat untuk koalisi menghadapi Pilgub Jabar 2024 dengan mengusung cagub yang punya popularitas dan elektabilitas tinggi.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News