Antisipasi Kecelakaan Lalu Lintas, Polda Jabar Gandeng BPTD Lakukan Ramp Check 1.600 Bus Pariwisata

Jumat, 21 Juni 2024 – 20:15 WIB
Antisipasi Kecelakaan Lalu Lintas, Polda Jabar Gandeng BPTD Lakukan Ramp Check 1.600 Bus Pariwisata - JPNN.com Jabar
Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan ditemui seusai ramp check di PO Bus Jackal Holiday, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Selasa (28/5). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/jpnn.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat (Jabar) terus melakukan berbagai upaya pencegahan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Salah satunya kecelakaan yang melibatkan bus pariwisata.

Antisipasi itu dilakukan dengan terus melakukan kegiatan ramp check terhadap bus pariwisata yang beroperasi di wilayah Jawa Barat. Dalam ramp check kali ini, Polda menggandeng Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Jabar.

Wadirlantas Polda Jawa Barat, AKBP Edwin Affandi mengatakan ramp check terhadap bus wisata di lokasi objek wisata terus dilakukan bersama BPTD Jabar. Pemeriksaan bus wisata akan dilakukan rutin termasuk di tingkat kabupaten dan kota.

"Kegiatan ini mengantisipasi kecelakaan dikarenakan tidak laik kendaraan yang mengangkut penumpang di Jabar," kata Edwin di Mapolda Jabar, Jumat (21/6).

Dia mengatakan, apabila ditemukan bus yang tidak laik jalan maka diminta untuk ditukar dengan bus lain. Namun, jika tidak terdapat bus wisata pengganti maka akan diminta ditukar memakai bus dari perusahaan otobus lain.

"Apabila ditemukan kendaraan dalam posisi tidak laik jalan baik berdasarkan surat atau kondisi fisik kami minta bus diganti yang lain dari pool apabila tidak ada bus pengganti diupayakan dari PO tersebut," ujarnya.

Edwin pun memberikan arahan kepada jajaran Satlantas Polres di kabupaten dan kota untuk melaksanakan ramp check antisipasi bus tidak laik. Pengecekan tidak hanya dilakukan saat libur akan tetapi saat akhir pekan.

"Kegiatan in berkelanjutan diantisipasi bus tidak laik tidak hanya saat libur tapi saat wekeend," kata dia.

Ditlantas Polda Jabar terus melakukan kegiatan ramp check terhadap bus-bus pariwisata yang beroperasi di wilayah Jawa Barat.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News