Rudy Susmanto dan Jaro Ade Adu Gagasan Soal Masa Depan Kabupaten Bogor

Jumat, 14 Juni 2024 – 08:30 WIB
Rudy Susmanto dan Jaro Ade Adu Gagasan Soal Masa Depan Kabupaten Bogor - JPNN.com Jabar
Bakal calon Bupati Bogor, Jaro Ade (kiri) dan Rudy Susmanto (kanan) saat memberikan keterangan resmi kepada awak media, soal ide dan gagasan andai terpilih jadi Bupati Bogor. Foto: Yogi Faisal/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Dua Bakal Calon Bupati Bogor Rudy Susmanto dan Ade Ruhandi atau Jaro Ade beradu gagasan dalam diskusi serial "Cetak Biru Kabupaten Bogor" yang diselenggarakan Lembaga Studi Visi Nusantara di Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis (13/6).

Rudy Susmanto yang saat ini menjabat Ketua DPRD Kabupaten Bogor mengusulkan mengenai integrasi antarprogram di setiap perangkat daerah.

Menurut dia, setiap program yang dijalankan masing-masing perangkat daerah harus saling terintegrasi agar hasilnya lebih optimal, seperti pelatihan-pelatihan ketenagakerjaan yang harus dilengkapi dengan bantuan permodalan dari dinas terkait.

"Kalau ada 100 program pelatihan yang terintegrasi, kalau dikalikan 500 peserta tinggal dikalikan berapa wirausahawan baru," ungkap Rudy yang merupakan politisi Partai Gerindra.

Sementara, Ade Ruhandi alias Jaro Ade menyampaikan usulannya untuk melibatkan 1.000 pengusaha dalam membantu pemerintah merealisasikan pembangunan.

"Kalau 1.000 pengusaha saja (terlibat) di Kabupaten Bogor itu mungkin ringan, ketemu Rp1 triliun per tahun, bisa melahirkan sarjana, melahirkan UMKM," ungkap politisi Partai Golkar itu.

Menurut dia, pemerintah daerah juga bisa memanfaatkan dana CSR dari swasta untuk mendukung pembangunan, seperti 30 persen untuk pembangunan sumber daya manusia melalui beasiswa, dan 70 persen sisanya untuk pembangunan sektor perekonomian seperti UMKM dan lain-lain.

Direktur Eksekutif LS Vinus Yusfitriadi menjelaskan, pada diskusi serial kedua bertajuk "Mewujudkan Pemerintahan yang Efektif, Bersih dan Berwibawa" ini, LS Vinus menghadirkan dua Bakal Calon Bupati.

Dua Bakal Calon Bupati Bogor Rudy Susmanto dan Ade Ruhandi atau Jaro Ade beradu gagasan soal masa depan Kabupaten Bogor di masa mendatang
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News