3 Profesi Bakal Calon Wali Kota Bandung Terfavorit Versi Polsight

Senin, 03 Juni 2024 – 19:12 WIB
3 Profesi Bakal Calon Wali Kota Bandung Terfavorit Versi Polsight - JPNN.com Jabar
Ilustrasi Pemilu 2024. Foto: Ricardo

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Menjelang perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2024, pada tanggal 20 – 24 Mei 2024, Lembaga Survei Polsight melakukan survei preferensi politik masyarakat Kota Bandung.

Direktur Eksekutif Polsight, Yusa Djuyandi menjelaskan survei dilakukan dengan menghimpun 400 responden yang tersebar secara proporsional. Sampel diperoleh melalui metode Stratified-Systematic Random Sampling yang tersebar di 30 Kecamatan di Kota Bandung.

"Margin of Error dalam survei ini adalah kurang lebih 4,89% dengan tingkat kepercayaan 95%. Pada survei ini, Polsight membahas dua isu utama, yaitu permasalahan di Kota Bandung dan Pilkada Kota Bandung," ucap Yusa dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Senin (3/6).

Yusa menuturkan, berkaitan dengan permasalahan di Kota Bandung, hasil survei menunjukkan bahwa masalah ekonomi menjadi isu utama yang harus dibereskan.

“Sebanyak 24,50% responden menginginkan wali kota Bandung berikutnya dapat memperbanyak lapangan pekerjaan, dan 22,25% responden menginginkan wali kota Bandung ke depannya dapat menurunkan harga kebutuhan pokok di Kota Bandung. Selaras dengan dua permasalahan tersebut, 14,25% responden mengharapkan Kota Bandung bebas dari kemiskinan," ujar Yusa.

Lebih lanjut, Yusa menjelaskan, ketiga permasalahan tersebut menggambarkan isu prioritas di Kota Bandung, masalah pengangguran dan akses terhadap kebutuhan pokok yang terjangkau menjadi perhatian utama masyarakat Kota Bandung.

Berkenaan dengan Pilkada Kota Bandung, Yusa menjelaskan bahwa terdapat tiga profesi atau latar belakang yang dipandang pantas menjadi Walikota Bandung.

Sebnayak 26,50% responden memandang bahwa tokoh agama yang sebaiknya menjadi wali kota Bandung berikutnya, 26,25% beranggapan bahwa politisi yang sebaiknya menjadi wali kota Bandung selanjutnya, dan lebih menarik lagi 25,00% beranggapan bahwa akademisi dan profesional yang pantas menjadi wali kota Bandung selanjutnya.

Masalah ekonomi masih menjadi pekerjaan besar bagi calon wali kota Bandung mendatang.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News