Peluang Tokoh Perempuan di Pilwalkot Bandung 2024, Begini Pandangan Pengamat

Senin, 03 Juni 2024 – 14:00 WIB
Peluang Tokoh Perempuan di Pilwalkot Bandung 2024, Begini Pandangan Pengamat - JPNN.com Jabar
Yena Iskandar Ma'sum yang digadang-gadang akan maju dalam Pilwalkot Bandung 2024. Foto: sources for JPNN

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Sejumlah tokoh perempuan digadang-gadang bakal maju dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kota Bandung, November mendatang.

Beberapa nama muncul seperti Atalia Praratya Kamil, Siti Muntamah atau karib disapa dengan Umi Oded, Nurul Arifin, hingga Yena Iskandar Ma’sum.

Pengamat Politik yang menjabat sebagai Director Centre for Political Analysis Strategic Indonesia Nana Rukmana menilai, tatar Sunda tidak akan lepas dari kultur memuliakan perempuan.

“Makam Cut Nyak Dien di Sumedang sangat terpelihara karena beliau selain pahlawan juga sebagai tokoh perempuan pergerakan melawan kolonialisme yang sangat dihormati di Aceh. Sedangkan, di Kota Bandung ada pula Sekolah Kautamaan Istri yang merupakan warisan dari Raden Dewi Sartika,” kata Nana, Senin (3/6).

Terkait Pilkada di Kota Bandung, Nana berpandangan bukan menjadi masalah jika nantinya Bandung dipimpin perempuan. Beberapa kandidat pun memiliki kualitas yang mumpuni.

“Kita lihat bagaimana Ummi Oded sering terjun ke masyarakat, lalu Atalia yang kuat dengan Jabar Bergeraknya, Nurul Arifin dengan anak mudanya. Lalu sekarang ada lagi calon perempuan lainnya yaitu Yena Iskandar Ma'soem yang merupakan penggiat dunia kesehatan sekaligus entepreneur yang sukses,” jelasnya.

Sementara itu, Koordinator Lingkar Studi Ilmu Politik (LSIP) Amir Sudrajat menuturkan, munculnya nama Yena Iskandar Ma'soem menjadi menarik lantaran dia bisa menjadi figur alternatif dibandingkan dengan nama-nama yang sebelumnya sudah terlalu sering dimunculkan.

Kader perempuan PDI Perjuangan  itu, lanjut Amir, bisa menjadi jalan tengah dari kebekuan lahirnya pemimpinan perempuan di Kota Bandung.

Pengamat Politik bicara soal peluang perempuan dalam Pilwalkot Bandung 2024.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News