Hasil Rekapitulasi Pilpres 2024 di Jabar, Prabowo - Gibran Hanyak Kalah di Kuningan

Selasa, 19 Maret 2024 – 14:40 WIB
Hasil Rekapitulasi Pilpres 2024 di Jabar, Prabowo - Gibran Hanyak Kalah di Kuningan - JPNN.com Jabar
Ilustrasi Pemilu/Pilpres. (ANTARA News/Ridwan Triatmodjo)

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres cawapres) nomor urut 02 Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka meraih suara terbanyak di Jawa Barat pada Pemilu 2024.

Mereka dinyatakan sebagai pemenang di wilayah Jawa Barat berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara Pilpres 2024 dalam rapat pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar. 

Ketua KPU Jabar Ummi Wahyuni mengatakan, pasangan presiden nomor urut 02 itu menjadi pemenangan berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi suara tingkat provinsi. 

"Pilpres di Jawa Barat dengan partisipasi kurang lebih 28 juta pemilih, unggul untuk paslon 02 disusul 01 dan 03," ujar Ummi usai rapat pleno di Kantor KPU Jawa Barat, Jalan Garut, Kota Bandung, Senin (18/3) malam. 

Berdasarkan formulir D hasil yang diterima jpnn, pasangan Prabowo - Gibran berhasil unggul di 26 kabupaten dan kota Jabar. 

Mereka hanya mengalami kekalahan suara di satu kabupaten yakni Kabupaten Kuningan. 

Adapun Kuningan merupakan tanah kelahiran dari capres 01 Anies Baswedan. Di sana, Anies - Cak Imin berhasil unggul dari paslon 02 dan 03. 

Pasangan Amin di Kabupaten Kuningan meraih 310.113 suara, sedangkan pasangan Prabowo-Gibran memperoleh sebanyak 285.215 suara, dan terakhir pasangan Ganjar-Mahfud hanya memperoleh 70.812 suara. 

Berikut peta daerah pemenangan Prabowo - Gibran dalam Pilpres 2024.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News