Sekda Bersama BPBD Kota Bogor Pantau Langsung Proses Pemindahan TPS Rawan di Gang Makam

Senin, 12 Februari 2024 – 20:00 WIB
Sekda Bersama BPBD Kota Bogor Pantau Langsung Proses Pemindahan TPS Rawan di Gang Makam - JPNN.com Jabar
Potret bencana longsor yang berada di Gang Makam, RW 05 Kelurahan Cilendek Barat, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor. Foto: Dok Pemkot Bogor.

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Tempat Pemungutan Suara (TPS) 14 di Gang Makam, RW 05 Kelurahan Cilendek Barat, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor yang semula ditempatkan di posyandu dipindahkan ke gedung TK Ar Rahman yang berjarak sekitar 300 meter dari titik semula.

Pemindahan TPS 14 tersebut merupakan dampak dari adanya longsor susulan yang terjadi samping posyandu yang berada di atas aliran Sungai Cidepit pada 9 Februari 2024.

Untuk memastikan persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) pada 14 Februari lancar dan sukses, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah didampingi Kepala Pelaksana BPBD Hidayatulloh, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Adi Novan, serta Ketua RW 05 Cecep Saefulloh beserta ketua dan petugas TPS bersama - sama melihat lokasi pemindahan TPS, Senin (12/2).

"TPS 14 itu kan semula lokasinya di posyandu yang di lahan pinggir sungai Cidepit. Nah, kami lihat kondisinya itu (lantaimya dan tembok) belahnya sudah semakin lebar, sehingga diambil langkah dari pihak kelurahan dan BPBD dengan kesepakatan warga TPS 14 dipindahkan ke TK Ar Rahman," kata Sekda Syarifah.

Dari luas bangunan dan keamanan dari lokasi bencana, pemindahan TPS 14 jauh lebih nyaman, lebih representatif dan secara keamanan jauh dari potensi bencana alam.

"Jadi sangat cukup untuk menyusun tujuh meja petugas, saksi, bilik suara, kotak suara dan sebagainya, karena di depannya juga lega ada lapangan, ya semoga ketika pelaksanaannya lancar. Jadi di sini Bogor Barat hanya satu yang dipindahkan," katanya.

Sejauh ini lanjut Sekda, BPBD Kota Bogor telah membuat early warning terkait 451 TPS yang berada di lokasi rawan bencana berdasarkan data tiga tahun terakhir hingga 2024 ini.

"Kami sudah antisipasi dari awal, jadi kalau dilihat lokasinya membahayakan secara fisik, di lapangan eksistingnya membahayakan seperti kaya gini, kita sarankan untuk pindah," katanya.

Pemerintah Kota Bogor pindahkan TPS rawan bencana yang berada di di Gang Makam, RW 05 Kelurahan Cilendek Barat, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News