Mahfud MD Mundur dari Menkopolhukam, Ini Tanggapan Ono Surono

Rabu, 31 Januari 2024 – 21:30 WIB
Mahfud MD Mundur dari Menkopolhukam, Ini Tanggapan Ono Surono - JPNN.com Jabar
Ketua Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar-Mahfud Jawa Barat, Ono Surono. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Ketua Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar-Mahfud Jawa Barat, Ono Surono angkat bicara terkait kabar mundurnya Mahfud MD sebagai Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) dari Kabinet Indonesia Maju.

Ono menyebut bagaimanapun juga demokrasi yang berjalan baik ditandai dengan tidak adanya turut campur kekuasaan dalam pemilu.

"Konstitusi dan peraturan perundang-undangan di Indonesia sudah sangat jelas bahwa pemilu harus jurdil bebas dan rahasia. Sehingga siapapun yang berada dikekuasaan harus dibatasi apabila mempunyai kepentingan politik," ucapnya.

Dirinya mengatakan Mahfud MD tentunya sudah sangat mengerti tentang hal itu, tetapi Presiden Jokowi malah mempertontonkan bahwa kekuasaan itu bisa dengan leluasa bermain pada wilayah pemilu, yang akan menciderai demokrasi.

Dia mencontohkan, seperti adanya peraturan yang dibuat bagi calon yang ikut kontestasi tidak perlu mundur dari jabatannya dengan syarat cuti atau di luar hari kerja tetapi di beberapa kegiatan kementerian, banyak info yang menyampaikan bahwa calon tersebut memanfaatkan jabatannya.

Ditambah lagi, Presiden Jokowi  mengatakan bahwa Presiden dan pejabat lainnya boleh berkampanye.

"Sehingga, saat ini terjadi situasi banyak pejabat dan kementerian-kementerian yang muter-muter mengumpulkan masyarakat dengan jumlah besar yang patut diduga untuk kepentingan pemilu 2024," ujarnya.

Misalnya, Menteri Pertanian RI yang secara politik bisa saja dekat dengan salah satu partai politik, karena anaknya mencalonkan sebagai anggota legislatif.

TPD Ganjar-Mahfud Jawa Barat, Ono Surono angkat bicara terkait kabar mundurnya Mahfud MD sebagai Menkopolhukam. Begini katanya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News