Gibran Pamer Kesuksesan Kelola Sampah Saat Berkampanye di Kabupaten Bogor

Rabu, 31 Januari 2024 – 20:00 WIB
Gibran Pamer Kesuksesan Kelola Sampah Saat Berkampanye di Kabupaten Bogor - JPNN.com Jabar
Cawapres Gibran Rakabuming Raka. Foto: Ricardo/JPNN

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Calon Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka memamerkan kesuksesannya dalam mengelola sampah di Kota Solo, Jawa Tengah, saat berkampanye di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (31/1).

Kesuksesan menjabat selama 2 tahun terakhir sebagai Wali Kota Surakarta itu dia paparkan di hadapan kaum milenial komunitas e-sport.

"Masalah sampah tadi sudah pada dapat bukunya semua belum? Dibuka enggak apa-apa, di dalamnya ada yang saya lakukan dalam 2 tahun terakhir," kata Gibran saat berinteraksi dengan kaum milenial.

Wali Kota Surakarta ini juga memaparkan keberhasilannya dalam menjalankan teknologi pembangkit listrik tenaga sampah. Sampah yang diolah menjadi listrik berasal dari rumah tangga di Kota Solo.

"Dari hulu ke hilir kami kawal semua. Di tingkat RT/RW warga sudah memilah sampah meskipun di TPA-nya ada tempat pemilahan sampah. Akan tetapi, akan lebih cepat lagi prosesnya kalau dari warga sendiri sudah memilah sampahnya," papar Gibran.

Menurut dia, permasalahan lingkungan menjadi perhatianya mulai dari tingkat rumah tangga hingga tempat pembuangan akhir (TPA). Hal ini karena masalah lingkungan merupakan hal yang paling disorot oleh kaum milenial.

"Masalah limbah, masalah transisi menuju energi hijau, makanya kemarin waktu debat cawapres saya ngeluarin pertanyaan greenflation atau carbon capture, carbon storage itu penting sekali," kata putra sulung Presiden RI Joko Widodo itu.

Selain menyoroti persoalan lingkungan, Gibran juga membahas infrastruktur digital dan ekosistem digital yang telah dibangun di Kota Solo.

Gibran Rakabuming Raka memamerkan kesuksesannya dalam mengelola sampah di Kota Solo saat berkampanye di Kabupaten Bogor.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News