Hasil Survei IPO: Elektabilitas PDIP Tertinggi di Jawa Barat

Kamis, 10 Maret 2022 – 17:15 WIB
Hasil Survei IPO: Elektabilitas PDIP Tertinggi di Jawa Barat - JPNN.com Jabar
Elektabilitas PDIP tetap kukuh menduduki posisi teratas di Jawa Barat berdasarkan hasil survei IPO. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jabar.jpnn.com, DEPOK - Elektabilitas PDIP tetap kukuh memuncaki posisi teratas di Jawa Barat berdasarkan hasil survei Indonesia Political Opinion (IPO).

Meski sempat diterpa isu ujaran kebencian Arteria Dahlan terkait penggunaan Bahasa Sunda, hal itu rupanya tidak berdampak pada elektabilitas PDIP Jawa Barat.

Dalam simulasi terbuka yang dilangsungkan pada Kamis (10/3), sejumlah responden ditanya jika pelaksanaan pemilihan DPR RI dilaksanakan hari ini, partai atau calon dari partai mana yang akan dipilih.

Hasilnya, PDIP mendapat respon keterpilihan sebesar 15,7 persen, sedangkan Gerindra 10,2 persen, dan PKS 9.3 persen.

“Tingkat keterpilihan PDIP teratas, ini membuktikan betapa kokohnya partai ini. Karena tidak banyak partai mampu menahan isu sensitif seperti ujaran kebencian,” ucap Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah.

Jika dibandingkan dengan hasil Pemilu 2019, Dedi menemukan hanya PDIP yang memiliki tren peningkatan.

Sementara partai lainnya mengalami penurunan, termasuk Gerindra dan PKS yang unggul saat Pemilu 2019 lalu.

“Terlihat jelas jika PDIP menjadi satu-satunya yang bergerak naik di saat semua partai di Jawa Barat menurun. Ini bisa saja karena faktor tata kelola dan kepemimpinan ketua Parpolnya,” tuturnya.

Elektabilitas PDIP tetap kukuh menduduki posisi teratas di Jawa Barat berdasarkan hasil survei Indonesia Political Opinion (IPO).
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News